NEWSPERISTIWASAMOSIRSUMUT

Update Covid-19 di Samosir : Tembus 205 Orang

Minggu, 20 Februari 2022, 09:29 WIB
Last Updated 2022-02-20T02:29:44Z
Petugas Kesehatan Samosir melakukan tracking dan tracing kontak erat terhadap orang yang terpapar Covid-19.


SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir, saat ini jumlah kasus aktif di Kabupaten Samosir Sabtu (19/2) menjadi 205 orang atau naik 70 orang jika dibandingkan sehari sebelumnya 135 orang.


Demikian informasi disampaikan Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir, Rikky Rumapea, Minggu (20/2).


Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir yang dipimpin langsung Sekdakab Samosir Jabiat Sagala, melakukan monitoring dan sosialisasi penegakan protokol kesehatan (prokes) di sejumlah objek wisata yang kerap dikunjungi masyarakat pada akhir pekan, Sabtu (19/2).


Langkah tersebut sebagai antisipasi potensi kerumunan dan kepatuhan pengelola maupun pengunjung objek wisata dalam menerapkan protokol kesehatan mengingat terus meningkatnya jumlah kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Samosir akhir-akhir ini.


Adapun beberapa objek wisata yang dimonitoring antara lain, Bukit Holbung dan Bukit Sibea-bea yang berada di Kecamatan Harian, Geopark Sigulatti di Kecamatan Sianjur Mulamula dan Pemandian Aek Rangat di Pangururan.


Dari hasil monitoring tersebut petugas memberikan peringatan dan himbauan kepada pengelola yang tidak menjalankan prokes seperti tempat cuci tangan dan warga atau pengunjung yang tidak menggunakan masker. Sebagian besar pengelola memang telah menyosialisasikan tentang disiplin prokes kepada setiap pengunjung yang datang.


Plt. Kepala Dinas Kominfo Ricky SH Rumapea yang juga Juru Bicara Satgas Covid-19 Samosir menyampaikan tim gabungan patroli terdiri dari BPBD, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo dan Dinas Sosial PMD. 


"Kegiatan ini sebagai tindak lanjut Peraturan Bupati Samosir Nomor 42 Tahun 2020 tentang Pedoman Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 di Kabupaten Samosir," ujarnya.


Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir mengajak seluruh masyarakat untuk mau dan mampu menjadi ‘Satgas’ Covid-19 di lingkungan masing-masing, untuk mengingatkan sesama dalam mematuhi protokol kesehatan. Dalam menghadapi masa pandemi dan tren kenaikan kasus saat ini, kepatuhan kita menjadi kunci dalam pengendalian Covid-19 saat ini. Mari kita patuhi protokol kesehatan, agar kita dapat hidup sehat bersama.(BG/TS)


TRENDINGMore