NEWSPERISTIWAPOLITIKSAMOSIR

Kepala BP2MI Pusat Benny Rhamdani Sosialisasi di SMKN 1 Simanindo

Jumat, 11 Maret 2022, 16:07 WIB
Last Updated 2022-03-11T09:18:48Z

 

Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang, menyerahkan cinderamata dan kain khas Ulos kepada Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Pusat, Benny Rhamdani Deputi Penempatan dan Perlindungan BP2MI Kawasan Amerika dan Pasifik, Lasro Simbolon, Siti Rolijah Kepala UPT BP2MI Sumatera Utara.

SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang, membuka Sosialisasi kepada Generasi Tunas Bangsa, anak-anak Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata, di SMKN 1  Simanindo, Kelurahan Tuktuk Siadong, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Jumat (11/3).



Rombongan Kepala BP2MI Pusat, Benny Rhamdani, disambut dengan Tortor (Tarian khas Batak), yang dirangkai dengan Tortor Tunggal Panaluan dan mengajak para undangan dalam Tortor Marhusip (membisikkan sesuatu), kepada pak Benny.

Wabup Samosir Martua Sitanggang, bersama Rombongan BP2MI bergambar bersama acara sosialisasi di SMKN 1 Simanindo.


Dalam sambutan melalui tuan rumah, Kepala SMKN I Simanindo Jhonson Hutagaol, yang didampingi Kepala Sekolah SMK Swasta HKBP Pangururan Dinortua Sitanggang, Kepala Sekolah SMK Swasta Karya Jaya Amser Sitanggang dan Kepala Sekolah SMK Swata HKBP Ambarita, Pinondang Panjaitan.



Jhonson menyampaikan, SMK Negeri 1 Simanindo memiliki jurusan pamungkas yakni jurusan Perhotelan dan tata boga, sementara keterampilan lainnya ada di SMK Swasta HKBP Pangururan (Teknik Audio Video dan Teknik Kendaraan Ringan), SMK Swasta Karya Jaya (Administrasi Perkantoran dan Akuntansi) dan SMK Swata HKBP Ambarita (Teknik Kendaraan Ringan dan Administrasi Perkantoran).

Kepala BP2MI Pusat Benny Rhamdani, menyerahkan bantuan sosialisasi.


Untuk itu, mudah-mudahan dengan adanya sosisalisasi Pelindungan Pekerja yang dilaksanakan BP2MI memberikan manfaat bagi para siswa-siswi SMKNegeri 1 Simanindo," ujar Jhonson.



Sementara itu Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang, menyampaikan terima kasih kepada Kepala BP2MI Benny Rhamdani yang telah menggelar sosialisasi penempatan perlindungan pekerja migran kepada siswa-siswi di Kabupaten Samosir.



"Masyarakat Kabupaten Samosir yang menjadi pekerja migran di Negara jiran atau Malaysia yang terdaftar di Kadisnaker Kabupaten Samosir dengan tujuan Malaysia dari Tahun 2017 sampai Tahun 2021 sebanyak 380 orang



Kemudian yang mengikuti program pemagangan ke Jepang sebanyak 21 orang dan pemagangan ke Malaysia sebanyak 7 orang total pekerja migran dari Kabupaten Samosir dari tahun 2017 sampai tahun 2021 sebanyak 408 orang," ujar Wakil Bupati Samosir.



"Sosialisasi ini juga akan menambah ilmu para siswa-siswi yang berminat mencari pekerjaan di luar Negeri "Dengan bekerja diluar Negeri akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya para keluarga yang bekerja diluar Negeri, namun harus menggunakan jalur yang resmi



Setiap warga Negara yang mau dan sedang atau telah melakukan pekerjaan diluar wilayah Republik Indonesia merupakan sumber devisa bagi Negara dan juga merupakan peluang kerja bagi masyarakat Indonesia termasuk warga Kabupaten Samosir," sebutnya.



Sementara Kepala BP2MI Benny Rhamdani dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Kabupaten Samosir memiliki nilai-nilai kearifan lokal dan juga memiliki kekayaan budaya yang luar biasa, oleh karna itu kekayaan harus kita jaga dan dipelihara serta dipertahankan," ucap Benny Rhamdani



Benny Rhamdani juga mengatakan, peluang kerja ke luar Negeri sangat terbuka termasuk Negara Jepang,


"Jepang saat ini butuh kurang lebih 70 ribu pekerja kemudian Jerman, Selain itu, kami juga sudah menandatangani kerjasama dengan Negara Jerman Korea, Hongkong dan Singapura 



"Peluang kerja ini harus kita mamfaatkan dengan baik dan Pemerintah Daerah harus tangkap peluang ini, sehingga para siswa-siswi yang akan segera menyelesaikan studi di SMA-SMK bisa langsung bekerja di luar Negeri, namun harus melalui jalur resmi," ujar Kepala BP2MI Benny Rhamdani



Diakhir acara, Bupati Samosir diwakili Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang, memberikan cinderamata kain khas Ulos Kepada Benny Rhamdani, Lasro Simbolon dan Kepala UPT BP2MI Sumatera Utara, Siti Rolijah.


Acara sosialisasi ini dihadiri Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Pusat, Benny Rhamdani Deputi Penempatan dan Perlindungan BP2MI Kawasan Amerika dan Pasifik, Lasro Simbolon, Siti Rolijah Kepala UPT BP2MI Sumatera Utara, Kadisnaker Kabupaten Samosir Rista Sitanggang.





Sekilas tentang Benny Rhamdani dimana sapaan akrabnya di Sukawesi Utara 'BRANI' ini lahir di Bandung, 3 Maret 1968. Jabatan terakhir sebagai anggota DPD RI daerah pemilihan Sulawesi Utara (2014-2019). Selama menjadi anggota DPD RI, beberapa jabatan pernah diamanahkan, yakni sebagai Wakil Ketua Komite I DPD RI (2014-2017 dan 2017-2017), serta menjadi Anggota Badan Sosialisasi MPR (2017-2018). (BG/SAM-1)


TRENDINGMore