NEWSPERISTIWASUMUTUMUM

Dukung Even Powerboat, Gubsu Minta Tol ke Siantar Dibuka

Jumat, 27 Januari 2023, 14:31 WIB
Last Updated 2023-01-27T07:31:07Z

Dukung Even Powerboat, Gubsu Minta Tol ke Siantar Dibuka.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, meminta pihak PT Jasa Marga membuka gerbang tol ke Kota Pematang Siantar dari Kota Tebing Tinggi.


Hal itu untuk kelancaran pembangkutan logistik maupun pengangkutan orang pada event F1 Power Boat atau F1H2O di perairan Danau Toba di Balige, Kabupaten Toba, 24-26 Februari 2023.


"Sedang dikoordinasikan, untuk kita pakai sementara sampai ke Siantar," ujar Gubernur Edy Rahmayadi kepada wartawan di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Kamis (26/1).



Gubernur Edy mengatakan persiapan event F1H20 terus dilakukan. Koordinasi dengan panitia nasional, Kodam I Bukit Barisan dan Polda Sumut.



"Karena memang kita ingin persiapannya matang sehingga event olahraga internasional sukses dan berdampak ekonomi ke pariwisata Danau Toba itu sendiri," kata Edy.


Pemprov Sumut, jelas Edy, juga sudah menyiapkan infrastruktur menunjang event F1H2O tersebut, seperti lokasi parkir, UMKM hingga kebersihan di sekitar lokasi perlombaan perahu cepat itu.


Bupati Toba, Poltak Sitorus, mengatakan pihaknya juga turut melakukan persiapan. "Misalnya pembersihan di sana-sini terus kita lakukan, seperti eceng gondok," kata Poltak.


Menurutnya Kota Balige harus dipoles sehingga lebih menarik bagi penonton F1H20. Ia mengatakan sedikitnya ada 25.000 orang yang akan menyaksikan event F1H20.


"Ini kejuaraan internasional, tuan rumahnya Indonesia, Sumatera Utara, khususnya Toba, Balige. Jadi kita undang masyarakat internasional, datang menyaksikannya," kata Poltak.



Bagi penonton yang datang, juga disiapkan lahan perkemahan, yang bisa digunakan mendirikan kemah untuk penginapan. Luas lahan bisa untuk 1.000 kemah.


"Ada tempat-tempat kemah kita 1000 tenda, dan banyak tempat disana untuk berkemah. Jadi kami mohon yang datang persiapkan payung (tenda). Kemudian, kemah bagi yang mau kemah," ujar Poltak.



TRENDINGMore