DAERAHNEWSSUMUT

Bupati Toba Serahkan SK 461 PPPJ

Senin, 31 Juli 2023, 18:55 WIB
Last Updated 2023-07-31T11:55:56Z

 

Bupati Toba Poltak Sitorus, menandatangani berita acara pengangkatan 461 PPPK.

TOBA-BERITAGAMBAR :

Sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di daerah ini, pasti tidak ada yang sempurna.Tentu ada banyak kekurangan. Sehingga harus bersemangat ikut memperbaiki ke arah lebih baik secara terus menerus.


"Torus pature, pature torus," kata Bupati Toba, Poltak Sitorus dalam Bahasa Batak di hadapan 461 PPPK se-Kabupaten Toba pada acara Penyerahan SK PPPK Jabatan Fungsional Guru dan Teknis Formasi tahun 2022 Kabupaten Toba di Aula SMK Negeri 1 Balige, Senin (31/7).


Poltak Sitorus juga berpesan kepada PPPK khususnya guru.


"Pesan saya,mengajar itu sebenarnya guru itu harus bisa memberi motivasi.Lima menit saja sebelum memulai mengajar," katanya


Tujuannya agar melihat apa potensi siswa lalu memotivasinya agar menyukai mata pelajaran. Kalimat berisi motivasi bisa dikutip dari Kitab suci ,para tokoh ,dan lainnya.


 "Bantu anak itu ,berikan motivasi supaya menemukan apa potensinya sehingga menyenangi mata pelajaran,"kata Poltak Sitorus.


Ia pun menceritakan pengalamannya dulu sewaktu duduk di SMP, mendapatkan motivasi dari gurunya hingga ia menyukai mata pelajaran Matematika dan Fisika .


Selain itu diharapkan pengaplikasian Falsafah Batak Naraja (Marugamo/peduli akan siswa, Maradat /sopan santun diajari seperti mengucapkan salam Batak Naraja dengan menempelkan kedua telapak tangan lalu tunduk sembari mengucapkan kata Horas, Maruhum/disiplin,taat aturan, Marparbinotoan/menggunakan ilmu pengetahuan) dalam proses belajar mengajar.


Sebelumnya Kepala BKPSDM Kabupaten Toba, Dicky Aspino Tampubolon menyampaikan dari 461 PPPK yang diangkat , sebanyak 441 orang mengisi jabatan fungsional guru dan 20 orang lainnya di jabatan fungsional teknis. (BG/TB)

TRENDINGMore