DAERAHNEWSSUMUT

Cegah Stunting, Poltak Sitorus Sarankan Warga Pelihara Ayam

Senin, 31 Juli 2023, 16:23 WIB
Last Updated 2023-07-31T09:45:19Z
Bupati Toba Itu Poltak Sitorus.


TOBA-BERITAGAMBAR :

Tingkat kesehatan atau pertumbuhan anak menjadi perhatian khusus bagi Bupati Toba, Ir Poltak Sitorus untuk mencegah terjadinya Stunting diharapkan warga supaya giat memelihara ternak ayam.


"Gizi terhadap anak harus diprioritaskan oleh orangtua, dengan adanya ternak ayam tentu akan memproduksi telur untuk dikonsumsi anak-anak sehingga pertumbuhan anak tidak terhambat," ujar Bupati Poltak Sitorus, Senin (31/7) di sela-sela acara apel pagi bersama jajarannya di Halaman Kantor Bupati Toba di Balige.


Bupati menjelaskan perhatian persoalan Stunting merupakan perhatian secara nasional yang harus dituntaskan karena menyangkut masa depan kesehatan anak tidak terhambat pertumbuhan.


"Sebenarnya mencegah Stunting adalah sangat sederhana cukup memelihara ayam 3 ekor dan menghasilkan telur untuk dikonsumsi maka apa yang disebut gizi buruk akan dapat terjauhkan," sebutnya.


Lanjut Poltak Sitorus penanganan stunting di Wilayah Kabupaten Toba cukup mendapat perhatian Gubernur Sumatera Utara sehingga dalam penilaian Pemprovsu bahwa Kabupaten Toba meraih peringkat juara terbaik pertama.


"Penghargaan kita dapat dari Gubernur Sumatera Utara. Untuk pencegahan atau penanganan stunting Kabupaten Toba mendapat penilaian terbaik atau juara pertama," katanya.


Disebutkan oleh Bupati, liding sektor yang sudah berupaya menekan angka Stunting yakni Dinas Kesehatan, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, Badan Perencanaan Pembangunan serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Perlindungan Anak.


"Diharapkan penekanan anggka Stunting supaya tetap menjadi prioritas," tegasnya.


Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, dr. Juliwan Hutapea menyebut Stunting merupakan masalah kesehatan yang sudah ada sejak lama, seperti gizi buruk, terserang infeksi berkali-kali, kelahiran prematur, dan berat badan lahir rendah.


"Paling banyak penyebab adalah karena kekurangan gizi untuk hal ini seperti disampaikan dan disarankan Bapak Bupati solusi tepat keluarga bersedia memelihara ayam sehingga telur dapat dikonsumsi anak penambah gizi," terangnya menyebut angka stunting secara nasional berada pada angka 24.4,%.(BG/TB)

TRENDINGMore