DAERAHNEWSSUMUT

Difasilitasi Mantan Kapolres Batubara,Nelayan Kualatanjung Terharu Tiba Di KNIA

Rabu, 05 Juli 2023, 15:20 WIB
Last Updated 2023-07-05T08:20:43Z

 

Difasilitasi Mantan Kapolres Batubara,Nelayan Kualatanjung Terharu Tiba Di KNIA

DELISERDANG-BERITAGAMBAR :

Satu dari enam nelayan asal Kec.Kualatanjung Kab.Batubara yang ditangkap pihak Malaysia dipulangkan (dideportasi) ke tanah air melalui Kuala Namu International Airport (KNIA), dengan pesawat Batik Air,ID7289 dari Kuala Lumpur, Rabu (5/7) sekira pukul 10:20 WIB.


Pemulangan nelayan yang berusia 16 tahun ini difasilitasi Kombes Pol (Purn) Ikhwan Lubis,SH,MH (mantan Kapolres Batubara) didampingi Ketua HNSI Sumut Zulfahri Siagian.

Seorang nelayan yang dipulangkan itu, Nanda Bin Samsul,16 warga Desa Lalang Kec.Kualatanjung Kab.Batubara. Dia sangat terharu saat tiba di KNIA. “Saya tentu sangat berterimakasih kepada mantan Kapolres Batubara pak Ikhwan Lubis serta Ketua HNSI Sumut yang telah memfasilitasi pemulangan ke tanah air,” katanya.

Nanda menceritakan saat ditangkap pihak Malaysia, dia beserta ayahnya, Samsul, abang kandungnya Yuda serta teman satu kampung di Batubara. Nanda yang masih usia sekolah ini sama sekali tak menyangka ditangkap polisi Malaysia, pada Maret 2023 lalu.

“Saya memang tak ditahan saat ditangkap, tapi orangtua dan abang saya ditahan di Malaysia,” katanya. Nanda mengaku sangat sedih sekali, karena awalnya dia ingin membantu perekonomian orangtuanya sebagai nelayan, tapi malah tertangkap pihak Malaysia.

Sebenarnya, kata Nanda, dia tetap ingin mengenyam pendidikan seperti temannya yang lain, tapi karena ekonomi yang tak mendukung. Nanda terpaksa tak sekolah dan membantu orangtuanya sebagai nelayan.


Prihal ditangkapnya, Nanda tersebut mengundang keprihatinan Ikhwan Lubis.Pejuang duafa yang kini bakal calon legislatif (Bacaleg) DPR RI dari Partai NasDem ini langsung bertindak cepat dengan menggandeng Ketua HNSI Sumut untuk memfasilitasi pemulangan Nanda dari Malaysia.

“Tentu saya juga sangat prihatin akan nasib yang dialami Nanda. Seusia Nanda semestinya masih bersekolah,” ucap Ikhwan Lubis saat menjemput Nanda di KNIA. Ikhwan Lubis yang juga mantan Kapolres Belawan ini memberikan bantuan sejumlah uang tunai kepada Nanda.

Terkait dengan ada lima lagi nelayan Kab.Batubara yang masih ditahan di Malaysia, Ikhwan Lubis beserta HNSI Sumut serta stakeholder terkait segera memperjuangkan kembali ke tanah air dan dapat berkumpul keluarga. “Segera kami bantu dengan melibatkan unsur terkait,”pungkas Ikhwan Lubis.(BG/DS)

TRENDINGMore