DAERAHNEWSPERISTIWASUMUT

Ditinggal Undangan, Satu Rumah Hangus Tarbakar di Barumun Palas

Sabtu, 08 Juli 2023, 21:16 WIB
Last Updated 2023-07-08T14:16:16Z

 

Warga dan petugas pemadam kebakaran saat berusaha memadamkan api yang melahap rumah Kartika Lubis.



PALAS-BERITAGAMBAR:

Satu rumah hangus dalam musibah kebakaran di Lingkungan VI, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Sabtu (8/7), sekitar 13.30 WIB.


Saat kebakaran terjadi rumah dalam kedaaan kosong ditinggal pemiliknya, Kartini Lubis, yang tengah pergi undangan pesta pernikahan.


Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.Semua perabotan rumah, seperti lemari, kasur, sofa dan lainnya serta surat-surat berharga tak bisa diselamatkan dan ikut terbakar.


Saat itu, tetangga korban yang mengetahui kepulan asap hitam dari bagian samping rumah, langsung histeris dan teriak minta tolong.


Warga sekitar berhamburan keluar dan mencoba memadamkan api dengan alat seadanya.


Sebagian warga memadamkan api, sebagian warga lagi berusaha memotong akses api untuk merambat, sehingga api tidak merambat, mengingat rumah Kartika Lubis diapit beberapa rumah tetangganya.


Sekitar setengah jam kemudian tiga unit mobil pemadam kebakaran Pemkab Padang Lawas tiba di lokasi dan langsung memadamkan api secara total.


Meski api berhasil dipadamkan sekitar satu jam, namun semua barang berharga dan perabotan tak dapat diselamatkan. Sebab, api begitu cepat membesar.


Setelah api berhasil dipadamkan, tak lama kemudian pemilik rumah, yakni Kartini Lubis tiba di rumah dan langsung menangis histeris melihat rumahnya ludes terbakar.


Salah satu warga, Irul Siregar membenarkan kejadian tersebut. Bencana kebakaran itu terjadi sekira pukul 13.30 Wib dan melalap rumah milik Kartini Lubis.



"Iya benar, kejadiannya sekitar 13.30 Wib, itu rumah milik Kartini Lubis,"katanya.


Di tempat yang sama, Kapolsek Barumun, AKP Miptahuddin mengatakan, kejadiannya sekitar pukul 13.30 WIB, api diduga berasal dari hubungan arus pendek listrik. Sebab, untuk kompor dan gas masih utuh.


"Kejadiannya sekitar pukul 13.30 WIB, dugaan sementara dari arus pendek listrik, karena kompor dan gas yang berada di dapur masih utuh semua," tutupnya.(BG/PAL)

TRENDINGMore