DAERAHNEWSSUMUT

Fraksi Hanura Minta APH Usut Tuntas Proyek DAK 2022 Disdik Dairi

Senin, 24 Juli 2023, 14:27 WIB
Last Updated 2023-07-24T07:27:58Z
Anggota DPRD Dairi, Hadiswarno Panjaitan pasca melakukan kunjungan dan menemukan kerusakan pada bangunan Lab Komputer SMPN 1 Lae Parira, proyek DAK 2022 Satker Dinas Pendidikan Dairi. Sidiakalang Senin(24/7).



DAIRI-BERITAGAMBAR :


Sebuah bangunan gedung lantai satu, laboratorium komputer Sekolah Menengah Pertama Negeri(SMPN) 1 Lae Parira Kabupaten Dairi, baru 6 bulan selesai dikerjakan sudah mengalami sejumlah kerusakan seperti dinding retak dan diduga dikerjakan asal-asalan alias tidak profesional.


Oleh karenanya menjadi sorotan Sekretaris Fraksi Hanura DPRD Dairi, Hadiswarno Panjaitan, Senin (24/7) meminta pihak unsur aparat penegak hukum (APH) dari Kejaksaan dan Kepolisian melakukan pengusutan karena kuat dugaan terindikasi praktek korupsi, kolusi, nepotisme (KKN)


Anggota DPRD tersebut menyebutkan bahwa ia menemukan banyak kejanggalan dan masalah dalam hasil pelaksanaan proyek dari satuan kerja Dinas Pendidikan Dairi dari sumber dana DAK 2022 saat melakukan kunjungan lapangan (Kunla) selama dua hari di daerah pemilihan (Dapil) II Dairi.


Prasangka itu disebabkan sejumlah bangunan proyek Pemerintah Dairi di satuan kerja Dinas Pendidikan banyak ditemukan sudah mengalami kerusakan yang disinyalir tidak sesuai RAB.



Dugaan itu makin kuat saat Hadiswarno Panjaitan meminta RAB dan spek semua kegiatan pekerjaan proyek Dinas Pendidikan untuk dasar monitoring.


Namun hingga kunjungan lapangan DPRD berakhir RAB maupun Speck tersebut tak kunjung diberikan seolah ada yang ditutup-tutupi.


Kita Fraksi Hanura, berharap semua panitia dan pelaksana proyek tersebut supaya diusut APH harap Hadiswarno.


Sementara itu dinas Pendidikan, melalui Sekretaris Disdik Dairi, Mariadi Simanjorang yang dicoba dihubungi, Senin (24/7) menyebutkan pihaknya sedang mengikuti rapat.


Temuan itu akan disampaikan kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) kegiatan tersebut.(BG/DA)

TRENDINGMore