DAERAHNEWSSUMUT

Perkemi Sumut Optimis Dapat Medali Emas di PON 2024

Rabu, 05 Juli 2023, 14:42 WIB
Last Updated 2023-07-05T07:42:49Z
Perkemi Sumut memberi keterangan di Posko Publikasi Sumut, Medan, 



MEDAN-BERITAGAMBAR :


Pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumut mendatang, Pengurus Provinsi Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) Sumatera Utara (Sumut) optimis targetkan 2 medali emas. Harapan itu tidak lepas dari peta kekuatan lawan dan raihan di Kejurnas Monas Cup, Mei 2023 lalu, dimana saat itu Perkemi dapat meraih 2 emas, 2 perak dan 9 perunggu.


Jhon Piter Sihombing selaku Kabid Binpres mengatakan, ada dua atlet yang menjadi andalan Cabor Kempo Sumut di PON 2024 nanti, yaitu M Dedi Yusuf dari Langkat dan Sonya Fatira Adelia dari Medan. Meski begitu, ia berharap atlet lain bisa membuat kejutan.


“Yang meraih medali perak dan perunggu di Monas Cup kemarin bisa meraih emas,”kata Jhon, Rabu (5/7)


Jhon juga mengakui persaingan di PON 2024 bakal sengit, dimana Indonesia Timur masih menjadi pesaing utama di kategori randori (tarung), sementara Pulau Jawa menjadi pesaing di kategori embu. Namun ia berharap di PON 2024 atlet Perkemi Sumut dapat mencatat sejarah baru.



Ia juga menambahkan atlet Kempo Sumut menjalani latihan 5 kali seminggu di Aula Kantor Camat Medan Helvetia, selain itu Kempo Sumut juga terkendala dengan wasit nasional.


“Kita belum memiliki Pusdiklat, sehingga atlet yang berasal dari luar Kota Medan menjadi kendala. Mereka terpaksa hanya latihan Sabtu dan Minggu, Mudah-mudahan ke depan semua atlet bisa latihan bersama,”jelasnya.


Sekretaris Umum Pengprov Perkemi Sumut Andri Sibarani di Posko Publikasi PON 2024, Medan juga mengatakan, saat ini Pengprov Perkemi Sumut sudah mempersiapkan 20 atlet yang masuk Pelatda Koni Sumu dari 22 nomor yang dipertandingkan di PON 2024 nantinya.


“Rinciannya 13 Putra dan 7 putri. Kita akan tampil pada 20 dari 22 nomor yang dipertandingkan di PON 2024 nanti. Ada dua nomor yang tidak bisa ikuti karena keterbatasan SDM Atlet,”jelasnya Andri. (BG/MED)

TRENDINGMore