NASIONALNEWSSUMUT

10 Hektar Lahan Warga Terbakar di Kualuh Leidong Labura

Sabtu, 05 Agustus 2023, 14:55 WIB
Last Updated 2023-08-05T07:59:34Z

 


LABUHANBATU-BERITAGAMBAR :

Seluas kurang lebih 10 hektar lahan masyarakat di Dusun Pasar III, Kualuh Leidong, Labuhanbatu Utara (Labura), Sumatera Utara (Sumut) terbakar pada Jumat (4/8). Api diduga dari kelalaian masyarakat.


Sejumlah personel Polri dan TNI dari Polsek Kualuh Hilir Polres Labuhanbatu, Koramil 02 Tanjung Leidong, Kodim 0209 Labuhanbatu dan Tim Daerah operasi (Daops) Manggala Agni Sumatera III Labuhanbatu bersama masyarakat bejibaku memadamkan kebakaran di lahan gambut tersebut.


“Dengan kondisi lahan semak belukar, pakisan dan kelapa sawit diatas tanah gambut sedalam ± 4 meter, ditambah kondisi angin sangat kencang di wilayah tersebut sehingga api cepat marak,” kata Kapolres Labuhanbatu AKBP James H Hutajulu melalui Humas Iptu Parlando Napitupulu, Sabtu (5/8).


Iptu Parlando mengatakan, informasi kebakaran itu datang dari warga sekitar kemudian Polres Labuhanbatu langsung menurunkan personil dari Polsek Kualuh Hilir untuk bersinergi dengan aparat lainnya.

S/5)

Kemudian Tim gabungan melakukan pemadaman dengan menggunakan 1 unit mesin Marks 3, 2 buah nozzle, racun api, dan Y connector.


“Saat ini, tim telah melokalisir lokasi kebakaran, dengan ± 0,5 Ha lahan sudah berhasil dipadamkan dari total keseluruhan ± 10 Ha. Untuk sementara diduga kebakaran berawal akibat kelalaian dari masyarakat,” pungkasnya.(BG/LB)

TRENDINGMore