DAERAHNEWSSUMUT

Anggota DPRDSU Desak Pemprov Sumut Perbaiki Bendungan Cinta Maju di Batubara

Selasa, 15 Agustus 2023, 21:05 WIB
Last Updated 2023-08-15T14:05:28Z
Anggota DPRD Sumut Fraksi PKS Ahmad Hadian bersama masyarakat saat memantau kondisi bendungan.



BATUBARA-BERITAGAMBAR :

Anggota DPRD Sumatera Utara (Sumut) Fraksi PKS Ahmad Hadian mendesak Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) segera memperbaiki Bendungan Cinta Maju yang berada di Sungai Dalu-Dalu, Desa Pematang Panjang, Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batubara.


Pasalnya kondisi bendungan sudah banyak yang rusak, sehingga tak berfungsi maksimal sebagaimana mestinya. Hal itu dikatakan Hadian setelah melihat sendiri kondisi bendungan, Rabu 9 Agustus 2023.


“Bendungan itu sudah banyak kerusakannya, hilang fungsinya sebagai bendungan, longsoran di tepi bendungan sehingga air mengalir begitu saja tanpa ada yang menahannya, ini harus segera ditangani pemerintah secara komprehensif,” kata Hadian kepada wartawan, Selasa (15/8).


Dikatakan Hadian, kunjungannya itu merupakan yang kedua kali guna melihat komitmen pemerintah dalam proses perbaikannya. Setelah kunjungan pertama, hampir tidak membuahkan hasil. Hadian juga mendapat aporan dari masyarakat yang sudah khawatir terhadap kondisi bendungan yang semakin rusak parah disebabkan banjir bandang yang terus menerus terjadi di Sungai Dalu-Dalu akibat tingginya debit air. Bukan hanya bendungannya saja namun abrasi tanah dan tanggul juga mengalami kerusakan yang cukup serius.


“Bendungan ini telah kehilangan fungsinya dikarenakan bendungan ini tak mampu lagi berfungsi membendung air sebagai pengendali banjir dan fungsi mengalirkan air ke kawasan persawahan masyarakat, terutama kawasan persawahan masyarakat di Desa Sukaramai dan sekitarnya. Pasalnya bendungan milik Pemprov Sumut ini sudah lama mengalami kerusakan dan belum ada tindakan dari Pemprov Sumut,” tegas Hadian.


Salah seorang warga yang menemui Ahmad Hadian saat meninjau lokasi, mengatakan harapannya agar pemerintah daerah maupun pusat untuk memperhatikan kondisi bendungan ini. Ia khawatir kalau dibiarkan, bendungan akan jebol dan membanjiri desanya.


“Perlu perhatian yang komprehensif dari Pemprov Sumut. Kami telah berkoordinasi dengan Pemprov Sumut dimana perbaikan bendungan telah masuk ke daftar pengerjaan Dinas PU Sumut dengan menggunakan dana tidak terduga (DTT),” tandas Hadian.(BG/BB)

TRENDINGMore