DAERAHNEWSSUMUT

Bupati Toba Semangati Pelajar SMPN 4 Balige, Tekankan Budaya “Batak Naraja”

Selasa, 22 Agustus 2023, 13:36 WIB
Last Updated 2023-08-22T06:36:35Z

 Bupati Toba Semangati Pelajar SMPN 4 Balige, Tekankan Budaya “Batak Naraja”




TOBA-BERITAGAMBAR :

Budaya ‘Batak Naraja’ terus ditanamkan sejak dini oleh Bupati Toba, Poltak Sitorus, kali ini kepada para pelajar SMP. Dalam kunjungannya ke SMP Negeri 4 Balige, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Selasa (22/8) pagi,Poltak Sitorus kembali menyampaikan pesan tentang pentingnya mengenal kepribadian Batak Naraja kepada ratusan pelajar yang mengikuti apel pagi di lapangan sekolah. 


Batak Naraja yang ditekankan oleh Bupati Toba adalah ‘Marugamo’ yang berarti peduli, ‘Maradat’ yang berarti sopan, ‘Marparbinotoan’ yang berarti cerdas dan bijaksana, serta ‘Maruhum’ yang berarti taat aturan dan disiplin. 


Untuk mencapai itu semua, Bupati Toba mengajak para siswa dan guru untuk terus memperbaiki semua aspek dalam diri, termasuk memperbaiki cara belajar, sikap, dan hal lainnya. “Nah, untuk mencapai itu semua maka kita harus terus memperbaiki diri. Sampai kapan kita memperbaiki diri? Sampai seterusnya,” katanya.


Memperbaiki diri secara terus menerus itu disebutnya dalam Bahasa Batak , Torus Pature Pature Torus.


Selain itu, Poltak Sitorus juga berpesan kepada para siswa agar memiliki motivasi akan melanjutkan ke SMA unggulan di daerah ini yaitu SMA Unggul Del atau SMA Yayasan TB Soposurung (Yasop).


Kemudian harus menolak narkoba,tidak tawuran dan mencintai kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah secra sembarangan. (BG/TB)

TRENDINGMore