DAERAHNEWSSUMUT

Bupati Toba Serahkan Alsintan Kepada 17 Kelompok Tani

Selasa, 01 Agustus 2023, 11:34 WIB
Last Updated 2023-08-01T04:34:34Z

 

Bupati Toba, Poltak Sitorus hadir di Acara Pertemuan dan Penyerahan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) yang digelar oleh Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Toba di UPTD. Dinas Pertanian Landbow, Jl. Haunatas, Sitangkola, Kecamatan Laguboti.

TOBA-BERITAGAMBAR :

Bupati Toba, Poltak Sitorus hadiri  Pertemuan dan Penyerahan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) yang digelar oleh Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Toba di UPTD. Dinas Pertanian Landbow, Jl. Haunatas, Sitangkola dan Kecamatan Laguboti, beberapa waktu lalu . Acara dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Toba T.H Sitorus, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Toba Sahat Manullang, dan perwakilan kelompok tani dari Kabupaten Toba.


Dalam laporannya, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Toba, T.H Sitorus menyampaikan bahwa penyerahan alsintan ini bertujuan meningkatkan hasil pertanian petani di Kabupaten Toba.


Penerima alsintan adalah 17 kelompok tani dari 6 kecamatan di Kabupaten Toba antara lain; Kecamatan Habinsaran, Kecamatan Siantar Narumonda, Kecamatan Bonatualunasi, Kecamatan Silaen, Kecamatan Porsea, dan Kecamatan Borbor yang didanai oleh Kementerian Pertanian dan APBD Kabupaten Toba T.A 2023.


Sementara itu, dalam arahannya Bupati Toba, Ir. Poltak Sitorus mengajak para petani yang hadir pada Pertemuan dan Penyerahan Alsintan di UPTD. Pertanian Landbow agar belajar dari negara Etiopia yang berhasil menjadi negara adidaya pertanian.


“Jangan pernah malu atau berkecil hati jadi petani, karena negara yang kuat adalah negara yang pertaniannya maju, mari kita belajar dari kebangkitan negara Etiopia yang dulunya terpuruk dalam kemiskinan karena bencana kekeringan, saat ini Etiopia sudah berhasil jadi negara adidaya pertanian,” ucap Bupati.


Selanjutnya Bupati Toba membuka sesi diskusi dengan perwakilan kelompok tani terkait kendala dan masalah yang dihadapi petani di bidang pertanian. Pada kesempatan ini, 2 (dua) orang petani dari Kabupaten Toba pun menyampaikan kendala mereka masing-masing di bidang pertanian dan ditanggapi langsung oleh Bupati Toba dan Dinas Pertanian Kabupaten Toba.


Menutup arahannya, Bupati Toba mengajak para petani agar menerapkan karakter Batak Naraja yaitu Marparbinotoan dalam mengelola pertaniannya. Dalam konsep Marparbinotoan, petani diimbau untuk “torus pature, pature torus” (terus perbaiki, perbaiki terus). Pada akhir acara Bupati Toba pun membagikan alsintan kepada 17 perwakilan kelompok tani.(BG/TB)



TRENDINGMore