DAERAHNEWSSUMUT

Bupati Toba Serahkan Alsintan Traktor Jhon Deer Untuk 6 Kecamatan

Rabu, 09 Agustus 2023, 17:06 WIB
Last Updated 2023-08-09T10:06:24Z

 

Bupati Toba Serahkan Alsintan Traktor Jhon Deer Untuk 6 Kecamatan



TOBA-BERITAGAMBAR :

Pemerintah Kabupaten Toba menyerahkan bantuan satu unit alat pertanian traktor besar Jhon Deer untuk 6 kecamatan di Kabupaten Toba. Enam kecamatan itu adalah Kecamatan Ajibata, Lumban Julu, Bonatua Lunasi, Porsea, Parmaksian dan Kecamatan Uluan pada Selasa (8/8/2023) sore. Penyerahan traktor ini dilakukan di Gereja Pentakosta di Desa Lintong Julu, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba.


Bupati Toba, Poltak Sitorus didampingi Kadis Ketahanan Pangan, Kadis Pertanian,Kadis Kominfo, dan Camat Lumbanjulu menyerahkan bantuan tersebut yang diterima langsung oleh 6 camat secara bersama-sama. Keenam Kecamatan adalah Porsea, Uluan, Bonatualunasi, Parmaksian, Lumbanjulu,dan Ajibata.


Nantinya 6 camat penerima traktor akan membuat kesepakatan bersama terkait dengan penggunaan alat tersebut secara bergilir. 


Kemudian traktor tersebut dapat dipakai oleh semua lapisan masyarakat dengan biaya sewa sebesar Rp 30 ribu/rante untuk dua kali olah diluar biaya bahan bakar minyak (BBM) dan upah operator. Hasil sewa tersebut selanjutnya akan menjadi pendapatan asli daerah Kabupaten Toba. 


Usai menyerahkan bantuan, Poltak Sitorus langsung melakukan uji coba menjadi operator traktor mengolah tanah yang ada di sekitar lokasi. 


"Kita serahkan ini dengan harapan lahan pertanian yang dikelola akan semakin luas, dan hasil pertanian akan meningkat," ujar Poltak Sitorus. 


Ia juga meminta agar para camat merawat dan memelihara traktor tersebut, agar dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya. 


"Ini harus dirawat dan dipergunakan dengan baik. Agar dapat mengolah lahan tidur lebih luas lagi," ujarnya mengakhiri.(BG/TB)

TRENDINGMore