DAERAHNEWSSUMUT

Cabai Merah Tembus Rp60 Ribu Per Kg di Medan

Senin, 14 Agustus 2023, 15:53 WIB
Last Updated 2023-08-14T08:53:56Z
Memasuki musim hujan yang terus terjadi belakangan ini, menggerek sejumlah harga komoditas di Kota Medan terus naik. Salah satunya harga cabai merah di awal pekan ini tembus di harga Rp60 ribu per kg. 


MEDAN-BERITAGAMBAR :


Memasuki musim hujan yang terus terjadi belakangan ini, menggerek sejumlah harga komoditas di Kota Medan terus naik. Salah satunya harga cabai merah di awal pekan ini, Senin (14/8), tembus di harga Rp60 ribu per kg.


Tak hanya itu harga ayam saja sudah tembus di harga Rp31 ribu per kg. Padahal sebelumnya turun di harga Rp22 ribu hingga 23 ribu per kg.


“Hari ini naik kali cabai merah udah Rp60 ribu per kg memang di hari Minggu itu udah Rp50 ribu. Ini karena faktor cuaca, hujan terus jadi naik harganya,” kata salah satu pedagang di Pasar Simpang Limun Medan, Aat, Senin (14/8).


Untuk harga komoditas lainnya, seperti tomat masih bertahan di harga Rp20 ribu per kg, cabai hijau juga Rp36 ribu per kg, bawang putih Rp36 ribu per kg.


Disisi lain harga ayam sudah menunjukkan kenaikan harga sejak satu pekan belakangan ini. Kenaikan setiap hari mencapai Rp1.000 hingga Rp2.000 per kg. Dari harga Rp22 ribu per kg, kini menjadi Rp31 ribu per kg.


Terpisah, menurut Gunawan Benjamin, harga cabai merah pada perdagangan hari ini menyentuh level Rp60 ribu per kg di Kota Medan memang baru terjadi hari ini.


“Biasanya memang harga cabai kerap mengalami kenaikan di awal pekan, akibat gangguan pasokan. Walaupupn nanti pasokan sudah kembali membaik, harga cabai merah berpeluang lebih mahal dari harga di pekan sebelumnya yang berada di kisaran Rp40 ribu hingga Rp45 ribu per kg nya. Sejauh ini, dugaan kenaikan harga cabai merah dipicu oleh faktor cuaca karena intensitas hujan cukup tinggi. Sehingga membuat petani enggan turun ke ladang,” bebernya.


Selain cabai merah, harga daging ayam pada hari ini juga mengalami kenaikan. Dari kisaran angka 26 hingga 28 ribu per kg, menjadi Rp31 ribu per kg pada hari ini. Untuk kenaikan harga daging ayam sendiri, sebenarnya indeks produksi sudah berada di kisaran 100.


Artinya, masih kata Gunawan, memang ada potensi harga daging ayam mengalami rebound dikarenakan satu pekan lalu harga daging ayam berada sedikit di bawah harga pokok produksinya.


“Saya menghitung bahwa harga daging ayam akan berada di kisaran Rp28 hingga Rp33 ribu di dua pekan terakhir bulan Agustus. Sementara untuk harga cabai merah masih berpeluang naik, dimana titik puncaknya belum terlihat sejauh ini. Begitupun, faktor cuaca masih menjadi salah satu faktor penting yang akan membentuk harga di pasar,” pungkasnya.(BG/MED)

TRENDINGMore