DAERAHNEWSSUMUT

Kapolres Palas Pimpin Apel Pembentukan Polisi RW

Senin, 21 Agustus 2023, 21:51 WIB
Last Updated 2023-08-21T14:51:08Z

 

Kapolres Palas Pimpin Apel Pembentukan Polisi RW

PALAS-BERITAGAMBAR :

Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Padang Lawas (Palas) secara resmi membentuk Polisi Rukun Warga (RW) yang ditandai dengan digelarnya apel hari ini di halaman Polres (21/8).


Dengan terbentuknya Polisi RW ini, diharapkan anggota korp Bhayangkara dapat menjalin sinergitas dengan anggota masyarakat secara lebih dekat.


Tak hanya sampai di situ saja, para anggota juga dituntut untuk menjadi salah satu ujung tombak mengurai berbagai permasalahan yang acap kali terjadi di lingkungan masyarakat.


“Hari ini sudah kita bentuk. Jadi, Polisi RW adalah program dari Kabaharkan Polri yang dibentuk di seluruh jajaran kepolisian seluruh wilayah Indonesia, sebagai wujud nyata Polmas yang berintegritas dan bertujuan sebagai pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat atau Harkamtibmas,” ungkap Kapolres Padang Lawas, Diari Astetika S.I.K.


“Harapan kami, anggota dapat memilik fungsi prediktif serta dapat mengkondusifkan keamanan di lingkungan masyarakat yang terkecil dari beberapa konflik sosial,” katanya.


Lanjutnya, Polisi RW sendiri memiliki tugas pokok yang tidak jauh berbeda dengan Bhabinkamtibmas.


Akan tetapi, mereka memiliki cakupan fungsi tugas dengan spektrum yang lebih sempit, yakni masing-masing RW.


“Dengan dibentuknya Polisi RW diharahapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada dengan cepat dan bisa mencegah terjadinya potensi kejahatan di lingkungan masyarakat di wilayah hukum Polres Padang Lawas,” katanya.


Pihaknya juga menekankan agar setiap anggota yang mengemban tugas sebagai Polisi RW agar senantiasa memegang teguh prinsip dasar dan beragam bekal terkait pelaksanaan tugas yang telah diberikan.


“Di mana Polres Padang Lawas menugaskan 84 personil Polisi RW untuk membantu tugas Bhabinkamtibmas dan menjaga kondusifitas masyarakat,” pungkasnya.(BG/PAL)

TRENDINGMore