DAERAHNEWSSUMUT

Polisi Periksa Kepala UKPBJ Samosir Selama 5 Jam

Senin, 07 Agustus 2023, 22:23 WIB
Last Updated 2023-08-07T15:29:46Z

 

Rekan-rekan Wartawan, menunggu pemeriksaan Kepala UKPBJ Samosir Golfried Harianja di ruang Reskrim Unit I Pidum Mapolres Samosir.

SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Kepala Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Pemkab Samosir, Golfried Harianja (GH) diperiksa di Ruang Reskrim Unit I Pidana Umum Polres Samosir, Senin (7/8).


Pemeriksaan itu terkait dugaan kasus penipuan Tim Bupati Percepatan Pembangunan (TBPP) Pemkab Samosir, Charles Sitindaon (CT) yang diduga melakukan penipuan terhadap RT rekanan JW Simbolon sebesar Rp150 juta.

Rekan-rekan Wartawan, menunggu pemeriksaan Kepala UKPBJ Samosir GH di ruang Reskrim Unit I Pidum Mapolres Samosir.



Tampak sekira pukul 13.00 WIB, GH masuk ke ruangan Reskrim Unit I Tindak pidana umum dan keluar dari ruangan pemeriksaan pukul 18.00 WIB.



Saat GH keluar dari ruangan Reskrim Unit I Tindak Pidana Umum, dia berlari menghindari Wartawan yang telah menunggunya menuju mobil yang menjemputnya.


Hal ini dibenarkan Kanit I Tindak Pidana Umum Satreskrim Polres Samosir, Ipda Fajri Lubis. “Kurang tahu juga (berapa lama Golfried diperiksa), karena saya tadi tidak di ruangan terus,” kata Fajri.


Ketika ditanya Wartawan mengenai materi pemeriksaan terhadap GH, Fajri enggan memberikan komentar dan beranjak meninggalkan wartawan.


Sebelumnya, JW Simbolon atau Hamonangan Simbolon selaku pelapor menyebutkan keterlibatan Kepala UKPBJ Samosir, GH setelah Charles Sitindaon meminta JW mentransfer uang ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Pemkab Samosir pada tanggal 9 Mei 2023, CT kepadanya (JW Simbolon) mengatakan agar berkoordinasi dengan GH.


Kemudian JW Simbolon pada 12 Juni 2023, menghubungi GH melalui WhatsApp untuk mempertanyakan terkait proyek Pengembangan Jaringan Distribusi dan Sambungan Rumah di Desa Hatoguan Kecamatan Palipi dan Hotmix sesuai pembicaraannya dengan TBPP, BG dan CT.


Menurut JW Simbolon, GH menyuruhnya untuk menemui Kepala Dinas PUTR Rudimantho Limbong dan Polin Manurung sebagai Kabid Cipta Karya untuk meminta HPS (Harga Perkiraan Sendiri) proyek Pengembangan Jaringan Distribusi dan Sambungan Rumah di Desa Hatoguan Kecamatan Palipi. Saat itu, Hamongan menerima HPS itu dari Polin Manurung di Kantor PUTR.


Selain GH yang sudah diperiksa Polres Samosir terkait TGR Gate tersebut, termasuk juga salah seorang anggota TBPP, CT.(BG/REL)

TRENDINGMore