DAERAHNEWSSUMUT

Presiden RI Resmikan SPAM Mebidang Kapasitas 1.100 Liter, Penuhi Kebutuhan Air Bersih 440 Ribu Jiwa

Jumat, 25 Agustus 2023, 15:39 WIB
Last Updated 2023-08-25T08:39:09Z
Presiden RI, Joko Widodo, didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, saat meresmikan SPAM Mebidang di Binjai.


BINJAI-BITAGAMBAR :

Presiden RI, Joko Widodo, meresmikan Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Regional Mebidang di Kota Binjai, Sumatera Utara, Jumat (25/8).


Presiden Jokowi meresmikan SPAM Mebidang berkapasitas 1.100 liter per detik itu didampingi Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, dan Wali Kota Binjai, Amir Hamzah.


Adapun SPAM Mebidang itu mampu memenuhi kebutuhan air minum untuk 440 ribu jiwa di kawasan Kota Binjai, Kota Medan, dan Kabupaten Deli Serdang.


Presiden Jokowi mengungakapkan proyek ini menelan biaya sebesar Rp 948 miliar dan memiliki kapasitas 1.100 liter per detik.


“Hari ini, adalah urusan air. Saya bisa merasakan begitu pentingnya air, setelah empat hari di Afrika. Saya merasa betapa pentingnya air, karena kita gak pernah merasa kekurangan air. Gak pernah kekurangan air,” ucap Jokowi.


Pembangunan SPAM ini, Jokowi mengatakan berkat kerja sama antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Provinsi Sumut, dan Pemerintah Kabupaten/Kota.


“Ini punya kapasitas 1100 liter per detik. Ini sangat besar sekali. Sehingga saya minta kepada Gubernur, Wali Kota dan Bupati untuk menindaklanjuti sambungan-sambungan ke rumah tangga,” kata Jokowi.


Mantan Gubernur DKI itu, mengungkapkan pembangunan SPAM ini, bisa memberikan ketersediaan air bersih kepada 88 ribu rumah tangga di tiga daerah tersebut.


“Kalau di jiwa kan bisa 440 ribu jiwa (menikmati air bersih). Sangat besar sekali,” tutur Presiden RI, Joko Widodo.


Dalam kesempatan itu, Presiden juga meresmikan jembatan Tano Ponggol di Kabupaten Samosir yang menelan biaya sebesar Rp 157 miliar.


Jembatan yang memiliki panjang 294 meter ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antara Samosir dengan kota Balige.(BG/BJ)

TRENDINGMore