DAERAHNEWSSUMUT

Raih WTP 5 Kali, Pemkab Batu Bara Terima Penghargaan dari Pemprovsu

Selasa, 15 Agustus 2023, 11:20 WIB
Last Updated 2023-08-15T04:20:32Z
Edy Rahmayadi memberikan plakat penghargaan raih WTP 5 kali berturut-turut kepada Bupati Batu Bara Zahir. 



BATUBARA-BERITAGAMBAR :


Atas keberhasilan meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) 5 tahun berturut-turut dalam laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batu Bara menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu).


Penerimaan penghargaan tersebut diungkapkan Kadis Kominfo Kabupaten Batu Bara Erwin S Sitorus, Selasa (15/8).


Dikatakan Erwin, penghargaan diserahkan oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan diterima langsung Bupati Batu Bara Zahir. Pada acara Kick Off Meeting menuju 10 tahun berturut-turut Opini WTP Pemerintah Provinsi Sumatera Utara di Hotel Adimulya, Jalan Diponegoro Medan, Senin (14/8/23).



“Penghargaan ini adalah apresiasi untuk kabupaten maupun kota yang berhasil mendapat WTP lima kali atau lebih,” jelas Erwin.


Dalam kesempatan yang sama, Edy Rahmayadi jura terus memacu semua pemda di Sumut agar meraih opini WTP. Hal tersebut menandakan bahwa LKPD telah sesuai dengan standar akuntansi di Indonesia.


Dari 33 kabupaten/kota yang ada di Sumut, 8 diantaranya belum meraih WTP untuk LKPD tahun 2022. Sedangkan 14 diantaranya meraih WTP lebih empat kali berturut-turut.


Edy Rahmayadi menjelaskan, WTP adalah kewajiban bagi seluruh Pemda sebagai bentuk pertanggungjawaban pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).


“Bukan hal yang mudah untuk meraih ini, tetapi tentu ini kewajiban kita mempertanggungjawabkan pengelolaan keuangan,” kata Edy Rahmayadi dalam amanatnya.(BG/BB)

TRENDINGMore