DAERAHNEWSSUMUT

September 2023, Unika St Thomas Buka Prodi di Samosir

Kamis, 31 Agustus 2023, 12:51 WIB
Last Updated 2023-08-31T05:51:09Z

 

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Jonson Gultom saat membuka perlombaan story telling di SMP Negeri 1 Pangururan.

SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Samosir Jonson Gultom mengatakan Universitas Khatolik St Thomas (Unika), Medan membuka Program Studi di Luar Domisili Kampus Utama (PSDKU), yakni di Kabupaten Samosir sekaligus telah membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB) dan mahasiswa baru sudah bisa mengikuti pelajaran mulai bulan September 2023 ini.


“Tiga locus untuk tiga program studi di luar kampus ini, S1 PGSD di SMP Negeri 2 Pangururan, S1 Pertanian di SMP Negeri 1 Onanrunggu serta S1 dan S2 Hukum di SMP Negeri 2 Nainggolan. Nanti, dosennya yang datang untuk mengajar,” sebut Jhonson Gultom sebelum pembukaan lomba story telling, Rabu (30/8).


Menurut dia, pihaknya akan terus mempromosikan penerimaan mahasiswa baru (PMB) untuk ketiga prodi ini bagi masyarakat Samosir, sebelum proses belajar di mulai bulan depan.


“Karena program ini sebagai upaya memfasilitasi dan mempermudah masyarakat untuk mengeyam pendidikan tinggi. Sesuai hasil pertemuan Bupati Samosir dengan pihak Unika St Thomas belum lama ini,” beber Jonson


Pembukaan PSDKU, sambung Jhonson Gultom, merupakan bukti komitmen Bupati Samosir dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia untuk seluruh masyarakat, dengan memberikan kemudahan bagi masyarakat.


Agar semakin banyak mahasiswa yang mendaftar kuliah setiap tahunnya, kata Jonson, Unika St Thomas Medan berjanji akan membangun gedung belajar di Kecamatan Onanrunggu.


Onanrunggu dipilih karena lokasinya sangat mudah dijangkau oleh masyarakat kabupaten tetangga. Selain juga juga karena cita-cita Bupati Samosir menjadikan Onanrunggu sebagai daerah pendidikan.



“Sejauh ini tidak ada kendala fokus menggodok persiapan selanjutnya, untuk proses belajar. Jadi, bagi masyarakat Samosir silakan segera daftarkan, sebelum pendaftaran ditutup, dengan mengkaji informasi pada Disdikpora,” jelasnya.


Jonson menambahkan, berbagai upaya dari Pemkab Samosir menjalin kerja sama dengan Unika St Thomas Medan, sebagai perguruan tinggi swasta untuk melayani masyarakat dan meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui pendidikan.


“Perubahan itu harus nyata. Menjadikan Onanrunggu sebagai daerah pendidikan, sedangkan Pangururan sebagai pusat perniagaan dan berbagai turnamen olahraga. Karenanya, Disdikpora telah menyampaikan proposal kepada Menteri Pemuda dan Olahraga untuk pembagunan stadion di lokasi gedung olahraga (GOR) di Desa Rianiate,” ucap Jhonson Gultom mengakhiri. (BG/TS)

TRENDINGMore