NEWSPENDIDIKANSUMUT

Universitas HKBP Nommensen Peringkat 1 PTS Terbaik di Medan Versi EduRank, No 4 PT dan 88 Nasional

Rabu, 02 Agustus 2023, 14:50 WIB
Last Updated 2023-08-02T07:50:39Z

Universitas HKBP Nommensen Peringkat 1 PTS Terbaik di Medan Versi EduRank, No 4 PT dan 88 Nasional.

 

MEDAN-BERITAGAMBAR :

Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan meraih predikat perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik dengan meraih ranking pertama di Medan, Sumatera Utara (Sumut) versi EduRank 2023.


EduRank juga menobatkan universitas ini di posisi ke-4 dari 24 PTS maupun PTN yang ada di Medan, Sumatera Utara (Sumut).


Dari laman https://edurank.org/ yang dilihat medanbisnisdaily.com per 1 Agustus 2023, UHN Medan berada di bawah USU, Unimed dan UIN Sumut.


Disebutkan di laman itu, pemeringkatan ditentukan dengan menganalisis 30,7 ribu kutipan yang diterima oleh 30,3 ribu publikasi akademik yang dibuat oleh 24 universitas di Medan, popularitas 15 alumni yang diakui dan basis data referensi terbesar yang tersedia.


Data itu juga menyebutkan UHN Medan peringkat ke-88 dari 562 perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia.


Pemeringkatan itu didasarkan pada 3 faktor, yaitu, hasil penelitian dimana UHM mencatatkan 2.003 publikasi hasil penelitian di 62 cabang keilmuan, dengan 1036 sitasi. Reputasi non-akademik dan pengaruh alumni terkemuka.


Kemudian profil penelitian yang mencakup berbagai bidang, termasuk Seni Liberal & Ilmu Sosial, Filsafat, Matematika, Sosiologi, Ilmu Politik, Ilmu Komputer, Ilmu Lingkungan, Biologi, Hukum, dan Guru Matematika


EduRank sendiri merupakan sebuah lembaga pemeringkatan internasional independen di Amerika Serikat.


EduRank melakukan pemeringkatan berdasarkan kualitas pengajaran, hasil penelitian, keunggulan non akademik, dan alumni serta citra universitas.


Pada tahun ini, Edurank melakukan pemeringkatan terhadap 14.131 universitas dari 183 negara.


Rektor UHN Medan Dr Richard AM Napitupulu ST MT mengakui, masuk dalam top 4 universitas terbaik di Sumatera Utara merupakan pencapaian yang tidak mudah. Prestasi dan capaian ini pastinya berkat kerjasama yang baik dari semua civitas akademika dan juga alumni.


“Saya berharap, capaian ini menjadi motivasi untuk terus berupaya dan lebih bekerja keras bersama-sama dalam meningkatkan kualitas pendidikan terutama dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya,” ucap Richard dalam keterangan tertulisnya Selasa malam (1/8)


Dijelaskan Richard, saat ini UHN memiliki 11 Fakultas yakni, Kedokteran, Ekonomi dan Bisnis, Hukum, Psikologi, Pertanian, Teknik, Peternakan, Sosial dan Ilmu Politik, Ilmu Keguruan, Bahasa dan Seni dan Pascasarjana. Adapun program studi berjumlah 32 dan didukung 400 dosen tetap. Setiap tahun, sebut Richard, UHN Medan menerima 2.200 mahasiswa baru.


“Kami akan berupaya untuk memajukan kampus ini dengan segala upaya sehingga dapat terus meriah prestasi di masa mendatang,” tandas Richard.(BG/REL)

TRENDINGMore