DAERAHNEWSSUMUT

Gudang Bekas KuD di Siantar Terbakar

Senin, 18 September 2023, 13:39 WIB
Last Updated 2023-09-18T06:39:41Z

 

Bangunan Bekas KUD Dihuni Tiga Kepala Rumah Tangga Musnah Terbakar di Siantar Petugas pemadam kebakaran berupa padamkan api yang membakar bangunan di Jalan Pengairan, Kecamatan Siantar Marimbun, Kota Pematang Siantar, Minggu (17/9). 



PEMATANGSIANTAR-BERITAGAMBAR :


Satu unit bangunan yang dahulunya sebagai kantor ataupun sekretariat Koperasi Usaha Desa (KUD) di jaman orde baru, yang dihuni oleh tiga kepala rumah tangga di Jalan Pengairan, Kecamatan Siantar Marimbun, Kota Pematang Siantar terbakar, Minggu (17/9) sekira Pukul 21. 20 WIB.


Informasi yang dihimpun, bangunan bekas KUD itu dihuni oleh Ketty Sihombing, Kartini Sinaga dan satu keluarga lainnya bermarga Sihite. Beruntung dalam inseden tersebut tidak ada korban jiwa.



Kepala Seksi Operasional Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kota Pematang Siantar Remaja Ginting mengatakan, awal atau sumber api berasal dari bangunan yang dihuni oleh Kartini Sinaga, lalu merembet ke bangunan lainnya.


“Sumber api dari rumah marga Sinaga. Ada bahan rongsokan seperti barang-barang botot, jadi mudah terbakar. Dia Petani, sampingannya usaha botot,” ujar Remaja Ginting yang ditemui di Jalan Pengairan, Minggu (17/9) malam.


Sementara itu terkait penyebab dari kebakaran diduga akibat korsleting listrik. Namun untuk pastinya masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. Personel Kepolisian Polres Pematang Siantar terlihat di lokasi kebakaran.



Beberapa barang perabotan rumah tangga dari dalam bangunan yang terbakar sempat dievakuasi oleh warga sekitar yang memberikan pertolongan. Diketahui, sebanyak 3 unit armada kebakaran terlihat memadamkan kobaran api.


Terpisah, seorang warga yang tinggal di sekitar lokasi kebakaran menyampaikan, dahulunya bangunan yang dihuni oleh tiga kepala rumah tangga tersebut merupakan bekas Koperasi Unit Desa (KUD). Karena lama kosong, bangunan itupun akhirnya dihuni oleh ketiga warga tersebut. (BG/PS)

TRENDINGMore