MEDANNEWSUMUM

Korban Puting Beliung di Tuntungan Sesalkan Lambatnya Bantuan BPBD Medan

Sabtu, 16 September 2023, 08:42 WIB
Last Updated 2023-09-16T01:42:24Z
 Salah satu rumah penduduk di Jalan Bunga Ncole Kelurahan Kemenangan' Tani yang diterjang angin puting beliung.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Sejumlah warga Medan Tuntungan yang rumahnya dihantam korban puting beliung yang terjadi pada Kamis (14/9), mengaku kecewa dengan Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Medan. Pasalnya, sampai Jumat (15/9) mereka tak kunjung juga mendapat bantuan.


Salah seorang korban, Abner Pinem mengatakan, sampai Jumat malam, tidak ada sedikitpun bantuan dari pihak kecamatan maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Medan kepada masyarakat, sehingga warga yang terkena bencana terpaksa mengungsi ke rumah keluarganya atau tetangganya.


"Pada Jumat pagi, tim dari BPBD dan pihak Kelurahan Kemenangan Tani, Kecamatan Medan Tuntungan bersama Kepling sudah turun ke lokasi mendata rumah-rumah warga yang rusak. Tapi hingga kini belum ada bantuan berupa seng dan broti yang dijanjikan pihak BPBD," ujar Abner Pinem dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (16/9)


Camat Medan Tuntungan Hendra Arjudanto mengatakan, rumah warga yang terdampak angin puting beliung ada di daerah Tanjungselamat, Simpang Selayang, Kemenangan Tani dan Namo Gajah.


"Rumah warga yang terdampak berdasarkan pendataan saat ini 17 hingga 19 unit rumah. Kejadian angin puting beliung disertai hujan lebat terjadi kemarin siang sekitar pukul 14.00 WIB," katanya.


Disinggung berapa unit rumah yang mengalami rusak berat, ia belum mendapat data yang pasti jumlahnya. Namun, berdasarkan data yang diterimanya ada di kawasan Tanjungselamat satu unit, Kemenangan Tani satu unit.


"Ada di kawasan Tanjungselamat satu unit dan Kemenangan Tani satu unit, masih itu yang terdata rusak berat. Sedangkan untuk korban jiwanya nihil. Mengenai bantuan pemerintah kepada warga yang terdampak angin puting beliung, ia mengatakan pihaknya saat ini masih melakukan pendataan dan berkoordinasi dengan BPBD Medan," katanya


Kadis BPBD Medan Husni ketika dikonfirmasi wartawan, Jumat (15/9/2023 malam terkait kekecewaan warga yang belum menerima bantuan berupa seng dan broti, pihaknya segera menyalurkan bantuan tersebut.


"Kita sedang data dan segera kita tindaklanjuti, karena belum kita terima data-data resmi dari pihak kecamatan, terkait status tanah masyarakat, rumah maupun domisili yang terkena bencana," katanya.(BG/MED)





TRENDINGMore