DAERAHNEWSSUMUT

Polres Samosir Gotroy Bersihkan Eceng Gondok di Danau Toba

Jumat, 22 September 2023, 14:23 WIB
Last Updated 2023-09-22T07:23:15Z

 

Personil Polres Samosir gotong royong membersihkan Eceng Gondok di perairan Danau Toba.

SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Dalam rangka menyambut pelaksanaan  Event Aqua Bike Championship yang dijadwalkan 24 November 2023 mendatang, personil Polres Samosir melakukan Gotong royong (Gotroy) mengangkat gulma Eceng Gondok dari permukaan air danau Toba, Jumat (22/9).


Dengan menggunakan alat seadanya, pembersihan eceng gondok ini dilaksanakan oleh aparat kepolisian dari Polres Samosir, Polsek Jajaran, Koramil, serta pihak-pihak terkait seperti Pemkab Samosir, Kecamatan, Desa, dan Kelurahan di sekitar Danau Toba Wilayah Hukum Polres Samosir.

Personil Polres Samosir gotong royong membersihkan eceng gondok.


Lokasi pembersihan eceng gondok pelaksanaan hari ini 22 September 2023 tersebar di beberapa titik strategis, termasuk Water Fron City untuk Pantai Kecamatan Pangururan, Pantai Desa Ambarita untuk Kecamatan Simanindo, Pantai Desa Sipinggan Lumbansiantar untuk Kecamatan Nainggolan, dan Pantai Desa Turpuk Limbong untuk Kecamatan Harian. Panta Desa Palipi dan Desa Pallombuan Kecamatan Palipi dalam pembersihan eceng gondok.


Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung suksesnya Event Aqua Bike Championship di Danau Toba, terutama di wilayah hukum Polres Samosir. 


Ini adalah kerja sama antara Polres Samosir, Pemkab Samosir, Koramil, serta pemerintahan kecamatan dan desa. 


kegiatan pembersihan akan dilakukan setiap hari Jumat dan direncanakan hari Jumat pekan depan akan menggunakan kapal dan alat berat karena sebagian eceng gondok sulit diangkat ke darat dan berada di tengah danau akibat perpindahan posisi yang disebabkan oleh angin kencang.


Ditambahkannya lagi bahwa dimungkinkan lokasi yang sudah kita bersihkan ini akan dipadati eceng gondok kembali yang mana saat ini, dalam situasi angin kencang mengarah ke pulau Samosir yang mendorong tumbuhan eceng gondok dari arah pulau Sumatera dan saat ini eceng gondok sudah banyak berada di daerah pertengahan Danau Toba yang mengarah ke daratan pulau Samosir,"tutup AKP Tito Juardi


Semoga upaya ini berkontribusi positif untuk menjaga keindahan Danau Toba yang menjadi destinasi wisata utama di Sumatera Utara.(BG/VM)

TRENDINGMore