MEDANNEWSPERISTIWA

3 Rumah Panggung Terbakar di Belawan

Rabu, 11 Oktober 2023, 14:00 WIB
Last Updated 2023-10-11T07:00:28Z

 

Tiga rumah panggung luluh lantak dilalap si jago merah saat kebakaran terjadi di Lorong Ujung Tanjung 2, Lingkungan 15, Kelurahan Bagan Deli, Belawan, Kota Medan, yang diduga akibat sulutan mancis dari rumah tempat penyimpanan minyak curian dari pipa Pertamina.

MEDAN-BERITAGAMBAR : 

Kebakaran menimpa tiga rumah panggung yang diduga dampak dari pencurian Bahan Bakar Minyak (BBM) dari pipa Pertamina di Lingkungan 15, Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Selasa (11/10) sore.


Keterangan yang diperoleh tiga rumah panggung berada di Lorong Ujung Tanjung 2, Kelurahan Bagan Deli milik Suden alias Bidin, Yeni dan Sabar. Seorang warga bernama Amat Brondol mengalami luka bakar.


Sedangkan asal api diduga berasal dari api mancis yang menyambar minyak diduga hasil curian dari pipa Pertamina yang terdapat di dalam rumah tersebut. Dua rumah tinggal puing-puing dan satu rumah hanya sebagian saja yang terbakar, kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.


“Diduga api membakar tiga rumah tersebut berasal dari sulutan api mancis dan menyambar minyak pertalite yang berada di rumah salah seorang korban,” ujar Udin warga Bagan Deli.



Terpisah, Aswin tokoh muda warga Bagan Deli berharap Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Josua Tampubolon dan Wali Kota Medan Bobby Afif Nasutian segera bertindak melindungi warga dari ancaman kebakaran.


“Jangan akibat ulah segelintir orang, nyawa dan harta yang dimiliki warga hangus dilalap api,” tegasnya.


Sebelumnya, aksi pencurian BBM dari pipa Pertamina, membakar aula di Bagan Tambahan, Sabtu (30/9/2023) dan sebelumnya lagi satu unit sampan bermesin mengangkut BBM di Lingkungan XV terbakar, Minggu (17/9) lalu.


Sebelumnya, Kepala Lingkungan 15 Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan, M Ali menyebutkan maraknya pencurian BBM lewat pipa Pertamina sudah belangsung lama dan berulang terjadi, bahkan pelakunya ada yang ditangkap aparat kepolisian.


M Ali juga khawatir jika pencurian minyak dari pipa Pertamina tersebut akan menimbulkan kebakaran di lingkungan mereka. Kekhawatiran itu kini terbukti dengan sejumlah peristiwa kebakaran di Lingkungan 15, Bagan Deli.(BG/MED)



TRENDINGMore