DAERAHNEWSPERISTIWASUMUT

Angin Kencang Disertai Hujan Es Lanja Dairi, Rumah Warga Rusak

Minggu, 01 Oktober 2023, 19:26 WIB
Last Updated 2023-10-01T12:26:22Z

 

Salah satu rumah yang rusak parah akibat diterjang angin kencang serta hujan es di Desa Bangun 1, Kecamatan Parbuluan Kabupaten Dairi, Sumut.

DAIRI-BERITAGAMBAR :


Angin kencang disertai hujan es mengakibatkan sejumlah rumah mengalami rusak berat di Desa Bangun 1, Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi, Sumut, Minggu (1/10)


Informasi yang diperoleh dari warga sekitar serta sejumlah netizen yang memposting kejadian tersebut di akun media sosial, waktu kejadian diperkirakan pukul 15.30 WIB.

Belum diketahui pasti berapa unit rumah mengalami kerusakan.




Kerusakan rumah warga pada umumnya terjadi pada bagian atap berikut kerangka (kuda-kuda) akibat diterbangkan angin.


Beberapa rumah yang mengalami kerusakan berat di antaranya milik Boru Simamora yang atapnya habis diterbangkan angin. Kemudian, rumah Sianturi, Oppu Sunggu, Lumban Gaol, Panggabean dan diperkirakan masih banyak lagi.


Riniwati Hutagalung seorang warga yang berhasil dihubungi Mistar membenarkan adanya hujan es deras disertai angin kencang tersebut. Setelah hujan reda, butiran es juga masih terlihat utuh di lokasi. “Esnya besar-besar kali,” katanya.


Kepala Desa Bangun 1, Arles Pakpahan membenarkan peristiwa itu.


Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dairi Hotmaida Dina Uli Butarbutar, menyebutkan, sudah mendapat laporan informasi bencana tersebut dari Camat Parbuluan Saut Maruli Tua Sinaga.


“Tim BPBD sudah bergerak ke TKP (tempat kejadian perkara),”sebut Hotmaida. 

TRENDINGMore