DAERAHNEWSSUMUT

Bupati Deliserdang Luncurkan Aplikasi Sirkulasi Desa Membangun

Jumat, 20 Oktober 2023, 08:03 WIB
Last Updated 2023-10-20T01:03:31Z
Bupati Ashari Tambunan didampingi Wabup M.Ali Yusuf Siregar menyerahkan bantuan uang tunai pada launching aplikasi Sirkulasi Desa Membangun di Hotel Thong’s Inn, Kualanamu.



DELISERDANG-BERITAGAMBAR :


Pemerintah Kabupaten Deli Serdang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Terintegrasi dan Kolaborasi (Sirkulasi) Desa Membangun.


Bupati Ashari Tambunan meresmikan peluncuran aplikasi tersebut di Hotel Thong’s Inn, Jalan Pasar V Kebun Kelapa Kualanamu, Kecamatan Beringin, Kamis (19/10) petang 


Dalam sambutannya Ashari mengatakan, aplikasi Sirkulasi Desa Membangun dirancang untuk memenuhi kebutuhan stakeholder, antara lain kolaborasi dan sinergitas pemerintah daerah, organisasi perangkat daerah, pemerintah desa, pemerintah atasan serta pihak-pihak terkait lainnya yang mendukung pembangunan.


Selain itu, juga sebagai alat untuk mempermudah analisis dalam membuat kebijakan pembangunan, sesuai kondisi dan potensi desa, antara lain memuat bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial dan infrastruktur.



“Dengan aplikasi ini diharapkan dapat menghasilkan sinergitas dan kolaborasi pembangunan, membantu pemerintah pusat bersama Pemkab Deli Serdang dapat melakukan pemetaan prioritas program dan kegiatan serta rekomendasi pembangunan di desa, sehingga tepat sasaran dan dapat dirasakan bagi masyarakat,” katanya.


Pada kesempatan itu, Ashari Tambunan juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintahan desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di 73 desa yang telah bekerja keras meraih predikat kinerja yang baik sesuai evaluasi kinerja pemerintahan desa berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Tahun 2023.


“Semoga keberhasilan ini dapat kita pertahankan dan tingkatkan, serta semakin menyebarluaskan di 380 desa di Kabupaten Deli Serdang,” Bupati Ashari Tambunan.


Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), kata bupati lagi, juga harus dirancang dengan benar sebagai alat kesejahteraan masyarakat desa.


Kepala Dinas PMD Khairul Azman menyampaikan, pihaknya terus mengupayakan peningkatan desa yang maju dan mandiri di Kabupaten Deli Serdang.


Salah satu penunjang program pembangunan desa yakni adanya data dasar pembangunan desa yang terintegrasi dan mudah diakses oleh seluruh pemangku kepentingan.


“Oleh karena itu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa bersama seluruh stakeholder serta dukungan Bapak Bupati Deli Serdang, membangun sebuah sistem informasi yaitu aplikasi Sirkulasi atau Sistem Informasi Kolaborasi dan Terintegrasi Desa Membangun,” jelas Khairul.



Hal itu dibuktikan pada tahun 2023 ini, melalui Hasil Pengukuran Indeks Desa Membangun (IDM) yang dipublikasikan Kementerian Desa dan PDTT, bahwa status perkembangan desa-desa di Kabupaten Deli Serdang, terdiri dari 17 Desa Mandiri, 101 Desa Maju, 262 Desa Berkembang.


Pada tahun ini pula, sudah tidak ada lagi desa tertinggal di Kabupaten Deli Serdang, padahal pada tahun 2022 lalu masih ada 26 desa tertinggal.


“Melalui aplikasi Sirkulasi Desa Membangun ini juga pemerintah dapat melakukan monitoring dan evaluasi secara real time terhadap perkembangan seluruh desa di Kabupaten Deli Serdang,” katanya. (BG/DS)

TRENDINGMore