DAERAHNEWSSUMUT

Intan Josephin Purba Juara 1 Pemuda Pelopor Bidang Inovasi Teknologi Nasional

Selasa, 31 Oktober 2023, 10:48 WIB
Last Updated 2023-10-31T03:48:22Z

 

Kadispora Sumut Baharuddin Siagian didampingi Kabid Fahri Azhari menyerahkan apresiasi kepada Intan Josephin Purba, juara 1 Bidang Inovasi dan Teknologi tingkat Nasional tahun 2023.



MEDAN-BERITAGAMBAR :

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan (Dispora) mengapresiasi Intan Josephin Purba.


Pasalnya Intan Josephin Purba, pemuda asal Sumut, ditetapkan Pemerintah sebagai Juara 1 Bidang Inovasi dan Teknologi tingkat Nasional tahun 2023.


Kadispora Sumut Baharuddin Siagian didampingi Kabid Layanan Kepemudaan dan Kepramukaan, Fahri Azhari, dan staf, menyerahkan apresiasi berupa penghargaan dan sejumlah uang tunai.


“Pemprov Sumut berterima kasih sekaligus mengapresiasi Intan Josephin Purba atas dedikasinya yang menginspirasi pemuda untuk berkreasi dalam pembangunan,” ujar Baharuddin saat penyerahan apresiasi di Kantor Dispora Sumut, Jalan Williem Iskandar, Pancing, Deli Serdang, Senin (30/10).


Inovasi yang dilakukan Intan, menurut Bahar, sangat positif dan menginspirasi pemuda di Sumut dan di Indonesia umumnya, untuk berperan dalam pembangunan.


“Titip salam Pj Gubernur Sumut Pak Hassanudin yang saat ini sedang bertugas di Jakarta kepada Intan. Harapan beliau dan kita tentu semoga semakin banyak pemuda dari Sumut menjadi inovator bagi kemajuan bangsa kita tercinta ini,” tambah Bahar.


Sebelumnya Presiden RI Joko Widodo melalui Menpora Dito Ariotedjo telah menyerahkan piagam penghargaan dan piala kepada Intan Josephin Purba.


Penyerahan apresiasi itu dilakukan bertepatan dengan Puncak Peringatan 95 Tahun Sumpah Pemuda atau Hari Sumpah Pemuda 2023 di Monas Jakarta, Sabtu (28/10).


Adapun Intan Josephin Purba sejak 2019 sudah mengolah sampah menggunakan BSF saat sedang menyusun skripsi sebagai sarjana Biologi di Institut Teknologi Bandung (ITB).


Selanjutnya Intan bekerja di Ciwidey sebagai tenaga ahli BSF di PLTP Geo Dipa Energi untuk menciptakan teknologi dan inovasi budidaya BSF di lahan dingin dengan menggunakan listrik dari PLTP.


Kemudian pada tahun 2022, Intan Josephin Purba melanjutkan karyanya dalam inovasi pengolahan sampah organik di Pematang Siantar yang mengolah sampah sekitar 200-500 kg per hari, dengan produksi maggot 50-100 kg per minggu dan pupuk kasgot 40-80 kg per harinya


Di dukung dengan pengalaman berorganisasi di Toba Caldera Geopark Youth, SDGs marathon yang merupakan salah satu poin penilaian juri juga kelinieran pengetahuan, menjadikan Intan dapat disebut sebagai pemuda pelopor.


Intan Josephin Purba pada akhirnya mendapat penghargaan sebagai Juara 1 Bidang Inovasi dan Teknologi tingkat Nasional tahun 2023 dari pemerintah.(BG/MED)

TRENDINGMore