DAERAHNEWSSUMUT

Lestarikan Makanan Tradisional Suku Pakpak, Kecamatan PGGS Gelar Lomba Masak Pelleng, Desa Kecupak I Juaranya

Jumat, 13 Oktober 2023, 11:36 WIB
Last Updated 2023-10-13T04:36:26Z

 

Pemerintah Kecamatan Pergetteng-getteng Sengkut menggelar lomba masak pelleng, makanan tradisional khas suku Pakpak.



PAKPAKBHARAT-BERITAGAMBAR :

Pemerintah Kecamatan Pergetteng-getteng Sengkut (PGGS), Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatra Utara menggelar lomba membuat pelleng, makanan khas tradisional suku Pakpak.


Perlombaan ini bertujuan untuk menjaga dan melestarikan pelleng sebagai makanan khas suku Pakpak yang telah diakui secara Nasional.


Camat PGGS, Perhatian Manik, Jumat (13/10) mengatakan, peserta lomba para pengurus TP PKK dari desa se-Kecamatan PGGS, yaitu Desa Aornakan I (Satu), Desa Aornakan II, Kecupak I, Kecupak II, Desa Simerpara.


Dikatakan Perhatian Manik, makna penting dari penyelenggaraan kegiatan ini, yakni menjaga dan melestarikan pelleng sebagai makanan khas suku Pakpak yang telah diakui secara nasional.


Sekretaris Daerah Pakpak Bharat, Jalan Berutu, yang turut hadir dalam kegiatan ini mengungkapkan, Pemerintah Pakpak Bharat sangat mendukung setiap upaya pelestarian adat dan budaya, termasuk makanan khas Pakpak, di antaranya pelleng dan ginaru.


“Pemerintah tentu sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan seperti ini, sangat bermanfaat dan sarat makna budaya. Kami juga melihat ada beberapa variasi rasa yang disajikan hari ini. Selamat bagi pemenang, selamat bagi seluruh peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, bagi ibu-ibu yang belum menang jangan berkecil hati, jangan bosan-bosan memasak pelleng di rumah kita masing-masing, makanan khas suku kita, suku Pakpak ini harus terus kita jaga dan lestarikan,” ucap Jalan Berutu.


Terpilih sebagai juara pertama dalam lomba memasak pelleng ini adalah TP PKK Desa Kecupak I, disusul TP PKK Desa Kecupak II dan Simerpara.(BG/PB)

TRENDINGMore