DAERAHNEWSSUMUT

Material Longsor Nyaris Tutup Ruas Jalan Panyabungan Timur

Selasa, 24 Oktober 2023, 05:35 WIB
Last Updated 2023-10-23T22:35:24Z

 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Madina Elpi Yanti Harahap.

MADINA-BERITAGAMBAR :

Material longsor nyaris menutup ruas jalan di Panyabungan timur, persisnya di Desa Tanjungjulu, Kecamatan Panyabungan Timur, Kabupaten Mandailingnatal (Madina) Senin (23/10).


Diketahui, akses jalan ini merupakan akses vital satu-satunya penghubung antara Kec. Panyabungan Timur dengan pusat kota Panyabungan.



Akibatnya, akses transportasi warga terhambat karena longsor membawa material tanah dan kayu tumbang menutupi sebagian badan jalan.


Salah satu pengguna jalan bermarga Rambe menceritakan, awalnya pasca hujan lebat yang melanda wilayah Panyabungan Timur, jalan ini mulai tertimbun longsor sejak dua hari lalu, namun hari ini kian parah, sebab badan jalan nyaris tertimbun longsor dan kini susah dilalui.


“Tadi pagi saya mau menuju ke kota, jalan ini sudah nyaris tertutup, dan sulit dilalui. Tidak ada jalan lain, hanya ini satu satunya jalan menuju ke kota,” kata Rambe.


Warga lainnya, Dayat salah satu pengguna jalan warga Desa Sirangkap mengaku kesulitan melintas jalan tersebut akibat material tanah dan kayu tumbang menutupi bahu jalan.


“Kami berharap pemerintah daerah segera mengirimkan alat berat untuk evakuasi material longsor agar kami mudah lewat dari sini untuk menjual hasil pertanian kami ke kota,” tandasnya.


Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Madina Elpi Yanti Harahap, mengungkapkan,  akan membersihkan material longsoran mulai hari ini, Selasa (24/10).


Elpi mengatakan, tingginya curah hujan belakangan ini, mengakibatkan material lumpur serta tiang listrik PLN mengalami longsor menyebabkan sebagian badan jalan tertutup, tapi lalu lintas masih bisa dilewati.


”Melalui informasi yang saya terima terkait longsoran tersebut, pihak kita telah koordinasi dengan PLN bagaimana cara penanganannya, di mana ada tiang listrik yang hampir jatuh menimpa badan jalan,” ujarnya.


Alat berat loder PUPR akan diturunkan, baru dilanjutkan dengan alat berat ekskavator untuk pekerjaan bahu jalan, sekaligus truck mixer dimana ruas tersebut masih dalam perawatan atau belum PHO.(BG/MAD)

TRENDINGMore