DAERAHNEWSSUMUT

Musim Kemarau, Bhabinkamtibmas Sosialisasi dan Himbau Petani Tidak Bakar Lahan

Rabu, 04 Oktober 2023, 16:43 WIB
Last Updated 2023-10-04T09:43:01Z

 

Bhabinkamtibmas Polsek Batunadua Polres Padangsidimpuan Bripka Herman Saleh Harahap saat melakukan sosialisasi.


PADANGSIDIMPUAN-BERITAGAMBAR :

Cuaca panas terik matahari, musim kemarau yang berkepanjangan berpotensi menimbulkan kebakaran lahan dan menyebabkan polusi udara. Untuk mengantisipasi hal tersebut Polres Kota Padangsidmuan melalui Bhabinkamtibmas masing-masing melakukan sosialisasi pencegahan dini terhadap pembakaran lahan.


Bhabinkamtibmas Polsek Batunadua Polres Padangsidimpuan, Bripka Herman Saleh Harahap misalnya melakukan langkah edukasi dengan cara sosialisasi dan himbauan ke Desa Siloting, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Kota Padangsidimpuan, Rabu (4/10).


Pada kesempatan Itu Bripka Herman Saleh Harahap juga melakukan dialogis kepada masyarakat dan petani agar jangan membuka lahan dengan cara di bakar.


“Kami sengaja melakukan sosialisasi, sebagai upaya mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan memasuki musim kemarau,” katanya.


Tujuannya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga serta merawat lingkungan, seperti salah satunya dengan cegah kebakaran lahan dan hutan misalnya dengan tidak membuang puntung rokok sembarangan yang merupakan salah satu faktor penyebab kebakaran, serta tindakan membuka ladang atau kebun dengan cara dibakar karena sama-sama kita ketahui saat ini telah memasuki musim kemarau.


“Peran Bhabinkamtibmas pada desa binaannya untuk mensosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk meminimalisir segala kegiatan yang akan menyebabkan kebakaran terutama memasuki musim kemarau sangat diperlukan, nah sosialisasi itu gencar kita lakukan sekarang,” cetus Kapolsek Batunadua AKP Andi Gustawi.


“Selain itu Bhabinkamtibmas juga wajib berpatroli di wilayah binaannya dan harus selalu peka setiap adanya pembakaran hutan,” tambahnya.


Menurutnya, dengan cara itu warga dapat paham dan sadar dengan membuka lahan atau hutan dengan cara dibakar dapat menggangu kegiatan dan kenyamanan masyarakat lainnya. “Mari kita bersama-sama mencegah kebakaran hutan dan lahan di wilayah Polsek Batunadua polres Padangsidimpuan,” ujarnya.


Sementara Kapolsek Batunadua AKP andi Gustawi mengatakan bahwa peran Bhabinkamtibmas pada desa binaannya untuk mensosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk meminimalisir segala kegiatan yang akan menyebabkan kebakaran terutama memasuki musim kemarau sangat diperlukan.


Selain itu Bhabinkamtibmas juga wajib berpatroli di wilayah binaannya dan harus selalu peka setiap adanya pembakaran hutan oleh oknum warga karena


Dengan demikian warga dapat paham dan sadar dengan membuka lahan atau hutan dengan cara dibakar dapat menggangu kegiatan dan kenyamanan masyarakat lainnya.


“mari kita bersama-sama mencegah kebakaran hutan dan lahan di wilayah Polsek Batunadua Polres Padangsidimpuan,” ujarnya.(BG/PSP)

TRENDINGMore