DAERAHNEWSSUMUT

Pj Gubsu Buka Kegiatan Pembinaan Dan Evaluasi Da’i Digelar Baznas Sumut

Senin, 30 Oktober 2023, 19:41 WIB
Last Updated 2023-10-30T12:41:55Z

Pj Gubsu diwakili Ir Suherman MSi,Ketua Baznas Sumut Prof.Dr. HM.Hatta bersama pengurus Baznas Kasi Pemberdayaan Zakat Kemenagsu Muhammad Asrul poto bersama usai kegiatan.

 

MEDAN-BERITAGAMBAR : 

Pj Gubsu Hassanudin diwakili Ir Suherman MSi selaku Staf Ahli Gubsu Bidang Pendidikan Kesehatan Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat,membuka secara resmi kegiatan Pembinaan dan evaluasi da’i/da’iyah Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan berlangsung Senin(30/10) di Hotel Grand Kanaya Jl Darussalam Medan diikuti 92 peserta dari 25 Kabupaten/Kota.


Hadir, Ketua Baznas Sumut Prof.Dr.HM Hatta, Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Provinsi Sumatera Utara,Ahmad Qosbi MM diwakili Kabid Pakis Dr.H.Muksin Batubara MPd bersama Kasi Pemberdayaan Zakat Muhammad Asrul, tokoh agama dan undangan lainnya


Pj Gubsu Hassanudin diwakili Ir Suherman MSi selaku Staf Ahli Gubsu Bidang Pendidikan Kesehatan Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat menyampaikan, perkembangan Islam di Indonesia, khususnya di Provinsi Sumatera Utara sangatlah pesat dan semakin bertambah.

Dalam setiap tahapan perkembangan Islam diharapkan tetap dapat menjaga ukhuwah Islam, agar tidak dijadikan celah untuk melemahkan Islam.


“Saya harapkan, para da’i dan da’iyah ke depan tetap menjadi mitra pemerintah provinsi Sumatera Utara yang bisa menjadi kontributor utama untuk kembali menjayakan dan menjadi benteng bagi perkembangan ajaran Islam kedepannya terkhusus di Provinsi Sumatera Utara ini,”ucapnya.


Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Baznas Provsu atas program pembinaan dan evaluasi terhadap para da’i/da’iyah. Sehingga kedepannya menjadi perwakilan kita dalam mendakwahkan Islam hingga keseluruh dunia.


“Saya yakin bahwa sebuah kemajuan di suatu daerah jika tidak diimbangi dengan upaya pembinaan dan pembentukan karakter manusia yang dilandasi oleh nilai moral dan keagamaan,maka yakinlah kemajuan tersebut tidak akan pernah mampu mencapai derajat kemajuan yang hakiki.Maka saya berharap kegiatan ini melahirkan para da’i yang mampu bekerjasama dengan pemerintah untuk mencegah terjadinya kemerosotan ahlak,”pungkasnya.


Sebelumnya, Kakanwil Kemenag Sumut diwakili Kabid Pakis Dr.H.Muksin Batubara MPd berharap kegiatan ini akan meningkatkan kemampuan dan kualitas para da’i yang bertugas di daerah.


“Saya mengapresiasi kegiatan dilaksanakan Baznas Sumut ini dan para da’i hendaknya terus menerus memberi pembinaan kepada masyarakat sehingga pemahaman agamanya semakin kuat. Mari bersama mewujudkan da’i dan da’iyah yang bermanfaat untuk umat laksana kunang-kunang diwaktu malam sebagai penerang dalam gelap,”ucapnya.


Ketua Baznas Sumut Prof.Dr.HM Hatta menyebutkan kegiatan ini program kerja Baznas Provsu. Guna meningkatkan wawasan dan kualitas para da’i yang dikirim ke 25 kabupaten/kota dengan tugas yang tidak mudah dan disesuaikan dengan kebutuhan.


“Tentu saja problema para da’i dalam bertugas cukup banyak. Termasuk bagaimana memperkokoh akidah agar menjadi muslim yang baik dan menjalankan nilai-nilai agama secara utuh. Namun semua tugas itu diharapkan bisa dikerjakan para penda’i. Sebab, para da’i yang juga seorang pejuang dalam menegakkan ajaran Islam adalah pengban tugas mulia, maka perlu kita dukung bersama. Terutama pemahaman yang perlu dikuatkan adalah terkait zakat yang potensinya untuk kemaslahatan ummat,”pungkasnya.(BG/MED)







TRENDINGMore