DAERAHNEWSSUMUT

Wabup Asahan Restocking 15 Ribu Benih Ikan Di Airbatu

Selasa, 31 Oktober 2023, 16:51 WIB
Last Updated 2023-10-31T09:51:39Z

 

Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar didampingi perangkat desa dan kecamatan saat melepaskan 15 ribu benih ikan di Sungai Ligasan.

ASAHAN-BERITAGAMBAR : 

Untuk menjaga ekosistem alam dan rangka memperingati Hari Sungai Sedunia, Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar bersama Asosiasi Masyarakat Perikanan Asahan (AMPA) dan masyarakat melakukan restocking (upaya penambahan stok ikan tangkapan untuk ditebarkan di perairan umum) dengan melepaskan 15 ribu ekor benih ikan di Sungai Ligasan Desa Sipule-pule, Kec Airbatu , Kab Asahan.


Wakil Bupati dalam sambutannya saat hadir dalam kegiatan itu, Senin (30/10) menerangkan bahwa kegiatan ini sangat baik dalam menjaga ekosistem alam dalam hal ini sungai, dengan menabur 15 ribu ekor benih ikan di sungai. Dan tentunya benih ikan harus dijaga oleh masyarakat, dengan tidak melakukan perusakan habitat sungai seperti menebar racun, membuang limbah atau sampah, serta tidak menyetrum dan menjaring ikan.


Menurut Wakil Bupati, yang juga Dewan Pembina AMPA, menuturkan bahwa Sungai Ligasan ini melalui dua desa (Desa Sipule-pule dan Desa Hessa Perlompongan), sehingga bisa gotong royong menjaga benih ikan agar bisa tumbuh dan bisa dinikmati oleh masyarakat dengan layak.


“Saya harap dua kepala desa ini bisa membuat Peraturan Desa (Perdes) untuk menjaga ekosistem Sungai Ligasan, sehingga kegiatan Restocking ini bisa berjalan dengan baik, dan tidak sia-sia,” jelas Taufik.


Sedangkan Kepala Desa Sipule Pule Wukir, didampingi Kepala Desa Hessa Perlompongan Azmi, menerangkan bahwa sangat mendukung kegiatan tersebut dan sudah lama menantikan Restocking di Sungai Ligasan, karena hal itu sangat baik dalam menjaga ekosistem sungai, ditambah lagi masyarakat sebagian besar menjadikan ikan sebagai sumber mata pencarian.


” Tentunya dengan kegiatan ini stock ikan di sungai makin banyak, dan secara tidak langsung akan menguntungkan masyarakat banyak,” jelas Wukir.


Sementara Ketua AMPA Ali Daruzah melalui Sekretarisnya Edi Syahputra, menuturkan kegiatan restocking ini merupakan yang kedua kalinya, dan benih ikan ini murni dari swadaya pengurus AMPA dan dibantu dari Bidang PMP dan UPT BBIAT Dinas Perikanan Kab Asahan, dengan berbagai jenis mulai dari Baung, Tawes, Sibaro, Paitan, Siluwang, Mas, Gurami dan Nila.


“Sekitar 15 ribu ekor benih ikan kita tabur ke sungai. Selain menjaga ekosistem sungai, kegiatan ini sebagai rangka peringatan hari Sungai Sedunia,” jelas Edi. (BG/AS)

TRENDINGMore