DAERAHNEWSPERISTIWASUMUT

Banjir Bandang di Kenegerian Sihotang, Bupati Samosir Langsung Turun Pastikan Keselamatan Warganya

Selasa, 14 November 2023, 08:24 WIB
Last Updated 2023-11-14T01:34:43Z

  

Bupati Samosir Vandiko T Gultom, memberikan pengarahan kepada rombongan sebelum berangkat meninjau lokasi banjir bandang di Kenegerian Sihotang.

SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Bupati Samosir, Vandiko T Gultom, didampingi Camat Harian Hartopo Manik dan Anggota DPRD Sumut Tangkas Lumbantobing meninjau lokasi banjir bandang di Kenegerian Sihotang Kecamatan Harian Kabupaten Samosir, Propinsi Sumatra Utara, Senin (3/11) malam.


Meskipun hujan masih turun, air mengalir deras di atas lahan pertanian masyarakat ditambah suasana gelap gulita, Bupati Vandiko langsung meninjau kantong-kantong pengungsian untuk memastikan keselamatan warga dan kebutuhannya. 


Selain itu juga rombongan Bupati Samosir, menyisir rumah-rumah warga, untuk memberikan semangat dan juga bertanya apabila ada yang membutuhkan bantuan.


Bupati Samosir menghimbau masyarakat mencari tempat aman, dan meminta masyarakat mematuhi himbauan pemerintah.


Selain itu juga, kami ingin memastikan masyarakat kami dalam keadaan sehat walafiat dan ada ketersediaan makanan,”ujarnya.

Bupati Samosir Vandiko T Gultom, memberikan semangat kepada masyarakat kenegerian Sihotang yang mengungsi di gedung Sigodang ulu.


Secepatnya juga kami akan melakukan investigasi terkait penyebab kejadian banjir bandang yang sedang terjadi ini,”kata Vandiko.


Sebelumnya diberitakan, Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Samosir, mengakibatkan banjir bandang di Kenegerian Sihotang (Desa Siparmahan, Dolok Raja dan Desa Sampur Toba), Kecamatan Harian, Senin (13/11), sekira pukul 20.00 WIB.


Luapan air hujan yang turun dari atas perbukitan menyebabkan tanah bercampur pasir dan terbawa arus air di Binanga (Sungai) tidak mampu menampung debit air yang mengalir dari hulu sungai, sehingga meluap menghancurkan puluhan hektar lahan persawahan padi masyarakat .


Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Samosir, Sarimpol Simanihuruk, membenarkan peristiwa itu.


Pihaknya telah mendirikan tenda-tenda pengungsian dan dapur umum. (BG/TS)

TRENDINGMore