NEWSOLAHRAGASUMUT

Grand Final APRC Diikuti 6 Negara di Danau Toba

Senin, 13 November 2023, 06:28 WIB
Last Updated 2023-11-12T23:28:40Z
Pembina Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut, Musa Rajekshah didampingi Ketua IMI Sumut, Harun Mustafa Nasution.



MEDAN-BERITAGAMBAR :


Asia Pacific Rally Championship (APRC) grand final akan diikuti 65 pembalap dari enam negara dan berlangsung di kawasan Danau Toba pada 24-26 November 2023 mendatang.


“Yang sudah memastikan keikutsertaannya pada putaran final berikutnya berasal dari Jepang, Thailand, Malaysia, Selandia Baru, India dan tentunya Indonesia,” ujar Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut, Harun Mustafa Nasution, di Posbloc Medan, Sabtu (11/11).


Ia mengatakan sejauh ini ada sembilan pembalap dari lima negara dengan total peserta 65 orang.



“Antusiasme peserta melebihi ekspektasi kami sehingga kami batasi hanya pada 65 peserta teratas, karena kawasan Danau Toba di Sumut menjadi favorit para pembalap,” ujarnya.


Dikatakannya, peserta dalam negeri yang mengikuti kompetisi besar ini antara lain dari Jakarta, Kalimantan, Sumatera Utara, Sulawesi, Jawa Barat, Jawa Timur dan lain-lain.


Ditambahkannya, panitia sedang mempersiapkan kompetisi APRC dengan hanya menambahkan super SS (special stage) dan long SS.


APRC grand final akan menampilkan trek “super spesial” sepanjang 3,10 km di kawasan Kaldera Toba Kabupaten Toba dan balapan akan digelar di Kabupaten Simalungun.


Sementara itu, Musa Rajekshah atau sering disapa Ijeck mengatakan, persiapan sudah ditingkatkan untuk menghadapi final APRC.


Menurutnya, ini merupakan seri terakhir kejuaraan nasional yang mana ia masih menempati posisi kedua pada tahun 2023.


“Poin kita peringkat kedua di tanah air, semoga bisa menjadi juara nasional pada tahun 2023,” kata Ijeck.


Ia mengatakan ada tambahan SS di perkebunan teh Tobasari. Menurutnya, hal itu akan menjadi tantangan tersendiri.


“Karena tanahnya agak berpasir, ada beberapa belokan. Tapi bagi yang nonton, banyak tempat yang bisa digunakan, jadi tantangannya lebih menarik,” kata mantan Wakil Gubernur Sumut itu.


Gelaran road to Danau Toba APRC kali ini digelar selama dua hari yaitu 11-12 November 2023. Hari kedua dilaksanakan saat car free day di Lapangan Merdeka Medan dengan memajangkan sejumlah mobil yang akan ikut dalam APRC.


Salah satunya adalah mobil Scoda Fabiayang ditunggangi Ijeck dalam APRC nanti. Panitia juga membagikan selebaran kepada masyarakat agar turut serta memeriahkan APRC grand final nanti.


Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo dipastikan hadir dalam gelaran bergengsi tersebut.(BG/MED)

TRENDINGMore