DAERAHNEWSSUMUT

Hujan Deras, Tebing Setinggi 30 Meter Longsor Menutupi Jalinsum Sipintu-pintu

Jumat, 24 November 2023, 10:21 WIB
Last Updated 2023-11-24T12:22:52Z

Situasi saat dilakukan pembersihan materian di badan jalan yang diakibatkan longsor di Sipintupintu, Kecamatan Tampahan, Toba


TOBA-BERITAGAMBAR :


Hujan deras dengan intensitas cukup lama di Kabupaten Toba, Kamis hingga Jumat (23-24/11/23) menimbulkan tebing longsor. Akibatnya, Jalan Sipintu-pintu, Desa Tangga Batu Timur, Kecamatan Tampahan.


Material tebing yang longsor setinggi 30 meter yang ditumbuhi pepohonan tersebut, menutupi Jalan lintas antara Kabupaten Toba dan Taput. Akibatnya lalu lintas sempat macet total sekitar 5 Km.


Pantauan di lokasi, tampak 2 alat berat milik Pemkab Taput dan 1 dari Toba sera Damkar diturunkan untuk membersihkan tumpukan tanah, pohon dan bebatuan.


Kasat Lantas Polres Toba, Iptu R Gunawan Siahaan, mengatakan, Dampak longsoran tebing ini mengakibatkan kemacetan di dua ruas Jalan Lintas Sumatera. Pihaknya sudah bersiaga di lokasi dan membantu mengurai kemacetan.



“Kami bersama beberapa polisi lalu-lintas, TNI, Pemkab Toba dan Badan Jalan Provinsi Sumatera Utara ikut membantu mengatasi kemacetan di lokasi kejadian dan di beberapa titik persimpangan jalan,” ucapnya sembari menyebutkan bahwa longsor terjadi tadi Jumat sekitar pukul 02.30 WIB.


Menurutnya, peristiwa tanah longsor tersebut sering terjadi di lokasi saat hujan deras. Untuk itu ia berpesan kepada pengendara agar lebih waspada.


“Apabila kembali hujan dikhawatirkan akan terjadi longsor lagi. Saat ini juga pihak terkait masih standby di lokasi untuk mengantisipasi terjadi longsor,” pungkasnya. (BG/TB)

TRENDINGMore