DAERAHNEWSSUMUT

Pemkab Pakpak Bharat Galakkan Vaksinasi PMK

Jumat, 03 November 2023, 13:07 WIB
Last Updated 2023-11-03T06:07:52Z
Pemkab Pakpak Bharat, galakkan vaksinasi hewan berkaki empat.


PAKPAKBHARAT-BERITAGAMBAR :

Pemerintah kabupaten Pakpak Bharat melalui bidang Peternakan pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pakpak Bharat tengah gencar melakukan vaksinasi PMK terhadap hewan ternak baik ruminansia besar seperti Sapi dan Kerbau dan juga hewan ruminansia kecil seperti Kambing, Domba.


Pelaksana Tugas Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pakpak Bharat, Adei Johan Banurea, SP, MP menyampaikan bahwa program vaksinasi ini merupakan upaya tindakan mencegah penyebaran penyakit PMK dan beliau berharap hewan ternak Kabupatrn Pakpak Bharat bisa terhindar dari penyakit PMK.


Program vaksinasi ini bertujuan untuk mencegah penyebaran penyakit yang disebarkan oleh virus Apthovirus yang menyebabkan penyakit mulut dan kuku (Foot & Mouth Disease) pada hewan ternak berkuku belah.


Sebagai informasi yang penting untuk di ketahui para peternak di Pakpak Bharat, ada beberapa gejala klinis penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak, yaitu:

1. Nafsu makan ternak berkurang

2. Adanya luka lepuh pada bibir dan kuku ternak sehingga akan menurunkan produktivitas ternak.


Vaksinasi PMK adalah satu satu syarat untuk membatasi keluar masuk hewan ternak lintas Daerah. Nantinya Dinas Ketahanan dan Pertanian Pakpak Bharat akan mengeluarkan surat Keterangan Kesehatan Hewan dan surat vaksinasi. 


Kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan bekerja sama dengan Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara yang dalam kegiatan ini mendistribusikan vaksin PMK dan menyediakan nomer cuping/eartag dan Balai Veteriner Medan selanjutnya akan melakukan monitoring dan surveylance pengambilan sampel darah ternak yang sudah divaksin.


Vaksinasi PMK merupakan program Nasional yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang spesifik terhadap penyakit PMK. Diharapkan hewan ternak yang sudah divaksin akan membentuk kekebalan, mencegah hewan ternak tersebut sakit, dan mencegah penularan antar hewan ternak.(BG/PB)


TRENDINGMore