DAERAHNEWSSUMUT

Pj Gubernur Sumut: Wartawan Kompeten Hasilkan Informasi yang Benar dan Kritis

Rabu, 08 November 2023, 09:47 WIB
Last Updated 2023-11-08T02:47:52Z

 

Ketua PWI Sumut, Farianda Putra Sinik; Penjabat (Pj) Gubsu, Hassanudin, yang diwakili Kadiskominfo Sumut, Ilyas Sitorus; Direktur UKW PWI Pusat H Firdaus Komar, dan tim penguji berfoto bersama peserta UKW angkatan 59 dan 60 di Swiss Belinn, Jalan Gajah Mada Medan.



MEDAN-BERITAGAMBAR :

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin berharap Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diadakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut dapat menghasilkan wartawan yang kompeten.



Hassanudin juga mengingatkan peran penting pers sebagai pilar keempat demokrasi di Indonesia.


“Wartawan memiliki peran penting, karena tugasnya yang mampu memberikan pencerahan kepada masyarakat, senantiasa mengusung nilai kebenaran hingga memiliki peran sebagai alat pengontrol sosial bagi kinerja aparatur pemerintahan,” katanya dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Sumut Ilyas Sitorus pada Pembukaan UKW Angkatan 59 dan 60 di Swiss Belinn Hotel, Jalan Gajah Mada Medan, Selasa (7/11).



Dia juga menyoroti adanya oknum yang tidak memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang jurnalistik, namun terjun dalam profesi ini. Hal tersebut mengakibatkan tercemarnya profesi wartawan yang mulia.



“Sebagai upaya untuk mengangkat nilai profesi wartawan, wartawan yang benar harus mengikuti uji kompetensi wartawan. Aturan ini tertuang dalam Peraturan Dewan Pers Nomor 1 tahun 2018 tentang sertifikasi kompetensi wartawan. Manfaat UKW selain meningkatkan kualitas dan profesionalitas juga sebagai acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan,” ujarnya.


Melalui UKW ini, kata Ilyas, wartawan yang kompeten tentu akan menghasilkan informasi yang baik, benar, kritis, dan membangun.


Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut atas terselenggaranya UKW saat ini. Farianda menyebut ada 7 kali penyelenggarakan UKW di Sumut.



Farianda menyebut dari 7 kali penyelenggaraan UKW di antaranya bersumber dari hibah Dinas Kominfo Sumut.



“UKW yang digelar atas kerjasama Dinas Kominfo Sumut, pembiayaan dari dana hibah. Saya berharap para wartawan yang ikut UKW bukana hanya sekadar lulus tapi juga kompeten,” ucapnya.


Sementara itu Direktur UKW PWI Pusat H Firdaus Komar menyebut Kominfo Sumut sangat luar biasa lantaran bisa menjalin sinergitas dengan PWI Sumut dalam meningkatkan kualitas wartawan.


“Dewan Pers dalam waktu dekat akan mengeluarkan standar penguji, materi uji, monitoring bagi wartawan yang sudah memegang kartu UKW. Nantinya akan dimonitor apakah kawan-kawan tersebut masih bekerja di media atau apakah masih ada karya jurnalistiknya. Atau bagi kawan-kawan yang melanggar kode etik bisa dibaut kartu UKW-nya. Ini nantinya akan diatur di standar yang akan dikeluarkan akhir tahun ini,” ujarnya.



Firdaus berharap bagi wartawan yang mengikuti UKW saat ini lulus dan kompeten yang nantinya akan berdampak terhadap perusahaan dan juga kualitas wartawan di Sumut.(BG/MED)

TRENDINGMore