DAERAHNEWSSUMUT

Puluhan Rumah dan Lahan Pertanian Direndam Banjir di Dairi

Rabu, 15 November 2023, 20:56 WIB
Last Updated 2023-11-15T13:56:41Z

 

Pemkab Dairi, Rabu (15/11), menyerahkan bantuan bahan pangan kepada warga Desa Renun Kecamatan Tanah Pinem, korban banjir akibat luapan air Sungai Renun,

DAIRI-BERITAGAMBAR:

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Dairi dalam sebulan ini membuat air Sungai Lae Renun di Desa Renun, Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara meluap dan membanjiri pemukiman dan lahan pertanian milik warga.


 Kepala Desa Renun Losta Sembiring, Rabu (15/11) membenarkan peristiwa banjir tersebut.



“Sedikitnya 32 rumah dan 12 hektar lahan pertanian milik warga di Desa Renun terendam banjir akibat meluapnya sungai Lae Renun,” katanya.


Dijelaskannya, tingginya curah hujan membuat permukaan air sungai Lae Renun naik mencapai ketinggian 4 meter, dan menyebabkan rumah warga yang berada di dekat aliran sungai terendam air.



“Genangan air yang membanjiri dan merendam rumah warga setinggi 1 meter,” ujar Losta.



Dengan meluapnya air sungai Lae Renun, dituturkan Losta sebagian warga yang rumahnya terkena banjir untuk sementara waktu harus tinggal di tenda pengungsian.


“Warga yang rumahnya terkena banjir untuk sementara waktu tinggal di tenda pengungsian yang didirikan pemerintah,” ucapnya.


Lebih lanjut dijelaskannya, luapan air sungai Lae Renun yang membanjiri rumah warga dan lahan pertanian saat ini sudah mulai berangsur surut.


“Saat ini banjir yang merendam pemukiman warga sudah mulai surut,” terangnya.Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Sosial (Dinsos) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyerahkan bantuan bahan makanan kepada warga terdampak banjir Sungai Renun, di Desa Renun, Kecamatan Tanah Pinem, Rabu (15/11)


Bantuan bahan pangan yang diserahkan Plt Kepala Dinas Sosial Dairi, Togap Tambun, dan Kepala BPBD Dairi, Hotma Ida Dinauli Butarbutar Butar, berupa beras, mi instan, telur, ikan kaleng dan gula pasir.


Bantuan tersebut diterima Kepala Desa Renun, Losta Sembiring, mewakili keluarga korban, di kantor desa.Camat Tanah Pinem melalui Sekretaris Camat, Musa Sembiring meminta warga tetap waspada terkait kemungkinan terjadinya banjir susulan.


Sementara itu, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu saat penyerahan bantuan itu berkomunimasi dengan warga melalui video call. Warga menyampaikan terima kasih kepada Bupati atas perhatian terhadap para korban banjir akibat luapan air Sungai Renun.(BG/DA)

TRENDINGMore