DAERAHNEWSPOLITIKSUMUT

Rapidin Simbolon Masuk Daftar Caleg, Dapil Sumut 2 “Neraka” Ketat

Senin, 06 November 2023, 14:48 WIB
Last Updated 2023-11-06T14:27:13Z
Daftar Calon Tetap DPR-RI daerah pemilihan Sumut 2.



SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Nama Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sumatera Utara yang juga mantan Bupati Samosir periode 2016-2021, Rapidin Simbolon masuk dalam daftar calon tetap (DCT) anggota DPR RI untuk daerah pemilihan (dapil) Sumut 2. Masuknya nama pria yang akrab disapa RPD itu membuat persaingan antarcaleg di dapil tersebut semakin ketat.


Rapidin Simbolon terdaftar di nomor urut 1 dari PDIP. Di nomor urut 2 dan 4 partai yang sama ada Trimedya Panjaitan dan Sihar PH Sitorus yang merupakan petahana.


Masih di PDIP, ada nama Tamara Maria Geraldine Br Tambunan, Turunan Gulo yang merupakan mantan anggota KPU Sumut. 


Tidak hanya di PDIP, sejumlah nama beken juga ada di partai lain. Seperti di PKB, ada nama Marwan Dasopang yang merupakan calon petahana pada nomor urut 1. Eli Mahrani Lubis, istri Bupati Mandailing Natal HM Jafar Sukhairi Nasution nomor 2.


Untuk Gerindra, ada nama Gus Irawan Pasaribu yang merupakan petahana. Ada juga nama Sabam Rajagukguk yang merupakan anak almarhum, Letnan Jenderal TNI (Purn) Adolf Sahala Rajagukguk.


Di Partai Golkar juga dipenuhi dengan tokoh-tokoh ternama. Mulai dari Lamhot Sinaga calon petahana nomor urut 1, Fitri Krisnawati Tandjung putri Tokoh Nasional Akbar Tandjung, Rambe Kamarulzaman, Syahrul M Pasaribu mantan Bupati Tapsel, Idealisman Dachi, Trinova Khairani, Jhonny Allen Marbun dan Mantan Bupati Paluta Andar Amin Harahap mengisi daftar caleg DPR RI dari Sumut 2 ini.


Kemudian di NasDem ada nama HP Martin Manurung yang merupakan calon petahana nomor urut 1. Kemudian dua mantan Bupati yakni Torang Lumbantobing Bupati Taput dan Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Sibarani juga maju dari partai ini.


Dari PKS ada calon petahana di nomor urut 2 yakni Iskan Qolba Lubis. Sementara di PAN ada nama H Saleh Partaonan Daulay yang merupakan petahana. Dan Ongku P Hasibuan calon petahana dari Partai Demokrat, Sabam Sinaga dan mantan Bupati Tapteng Syarfi Hutauruk dan Anggota DPRD Sumut Tangkas Manimpan Lumbantobing.


Itu lah nama-nama beken yang masuk DCT DPR RI dari dapil Sumut II. Tentu menarik kita tunggu siapa yang akan berhasil lolos ke Senayan.


Dapil Sumut II meliputi Humbang Hasundutan, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Mandailing Natal, Nias, Nias Barat, Tapanuli Selatan, Nias Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Toba, Samosir, Gunungsitoli, Padangsidempuan, Sibolga.(BG/RED)



TRENDINGMore