DAERAHNEWSSUMUT

RS Jiwa di Medan Bakal Bersiap Tampung Caleg Gila

Jumat, 24 November 2023, 19:58 WIB
Last Updated 2023-11-24T13:01:57Z
Ilustrasi OGDJ.

MEDAN-BERITAGAMBAR :

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kota Medan bersiap untuk menampung caleg gila atau depresi yang mungkin saja bakal kalah dalam Pemilu 2024.


Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Medan, Surya S Pulungan, Jumat (24/11).


Nantinya, pihak Dinas Kesehatan Kota Medan akan membahas lebih lanjut mengenai ruang khusus untuk caleg gila atau depresi ini.


Sejauh ini, memang belum ada ruangan khusus untuk caleg gila di RSUD.


Namun, hal itu akan dibahas lebih lanjut, jika dianggap penting. 


“Sebenarnya kalau untuk kesehatan jiwa ini programnya dibawah naungan Dinas P2P Dinkes Medan. Sejauh ini belum ada (program pelayanan ruangan khusus di RSUD Medan untuk para caleg yang depresi). Tapi dalam waktu dekat memang rencananya akan dirapatkan,” kata Surya.


Surya mengatakan, jika nanti pembahasan masalah ini rampung, dia akan segera mengabarinya.


Sementara itu, di Jawa Barat, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur menyediakan ruangan khusus untuk caleg yang depresi akibat gagal dalam pemilihan legislatif (Pileg) 2024.


Menurut Direktur Utama RSUD Sayang Cianjur, dr Irvan Nur Fauzy sebagaimana dilansir dari Kompas.com, berbagai pelayanan lain akan diberikan bagi para caleg.


Mulai dari ruang rawat inap, kunjungan ke rumah, sampai dengan rujukan perawatan di RS Marzoeki Mahdi atau Rumah Sakit Jiwa di Lembang, Kabupaten Bandung Barat.


Rumah sakit juga akan memberikan sosialisasi pada caleg untuk mengendalikan stres sebelum dan setelah hasil pemilu keluar. Ini dilakukan agar para caleg tidak depresi berat hingga harus menjalani perawatan khusus.(BG/NET)


TRENDINGMore