NEWSSUMUTUPDATE

UINSU Dies Natalis ke-50 Sekaligus Wisuda

Senin, 20 November 2023, 01:45 WIB
Last Updated 2023-11-20T02:46:59Z
UINSU Dies Natalis ke-50 Sekaligus Wisuda, Rektor UINSU Prof Nurhayati: Tebarkan Kebaikan di Masyarakat.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan menggelar perayaan Dies Natalis ke-50 dengan tema “50 Tahun UINSU Medan Penguatan Budaya Mutu Unggul dan Transformasi Digital Menuju Smart Islamic University”, yang dirangkai dengan wisuda ke-81.



Kegiatan berlangsung di Gelanggang Mahasiswa Kampus I UINSU, Jalan Sutomo Ujung, No ,1 Medan, 18-20 November 2023. Jumlah wisudawan kali ini sebanyak 4.495 lulusan.


Hadir di acara ini Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Prof Dr Muhammad Ali Ramdhani, Direktur Pendidikan Tinggi Islam ; Prof Dr Ahmad Zainul Hamdi dan pejabat Forum Komunikasi Pemerintah Daerah



Rektor UINSU Prof Dr Nurhayati MAg mengatakan, wisuda kali ini merupakan momen yang sangat berharga bagi UINSU karena dirangkai dengan Dies Natalis ke-50.



“Hari ini UINSU telah genap berumur 50 tahun. Usia 50 tahun adalah usia yang tidak lagi muda. Di usia ini, UINSU harus semakin lebih arif dalam menghadapi tantangan. Perjalanan panjang UINSU itu, sepatutnya membuat UINSU menjadi institusi pendidikan yang unggul,” kata Nurhayati, Minggu (19/11).


Nurhayati juga mengingatkan kepada lulusan agar memiliki sikap sebagai agen perubahan di dalam masyarakat. Agen perubahan itu, sebut Nurhayati, meliputi ilmu pengetahuan, akhlak dan moral. Hal itu, sambung Nurhayati, sebagaimana yang kerap dipesankan Dirjen Pendidikan Islam Prof Ali Ramdani dan Direktur Pendidikan Tinggi Islam, Prof Ahmad Zainul Hamdi.



“UINSU sampai hari ini terus berupaya untuk menciptakan ekosistem kampus yang moderat, kampus yang dapat menerima keberagaman etnik dan agama dan kampus yang aman dan damai bagi semua. Kemudian kita semua juga harus menjadi agen-agen perubahan di dalam masyarakat. Baik secara pengetahuan, akhlak dan moral. Itu semua tuntutan dan kewajiban kita untuk berbuat baik di dalam masyarakat,” tegas Nurhayati.


Nurhayati juga mengucapkan hormat kepada para rektor sebelumnya yang telah memimpin dan mengarahkan kampus ini sehingga dapat menjalani lika-liku dinamika sehingga sampai menuju usianya yang ke-50 tahun. Dikatakannya UINSU, lahir dari kontribusi besar para tokoh dan ulama yang Sumatera Utara dengan pemikiran dan kontribusi besar mereka.


Dalam sambutannya, Direktur Pendidikan Tinggi Islam Prof Dr Ahmad Zainul Hamdi MAg, memuji UINSU. Diakuinya ia baru sadar di bawah Dirjen yang dipimpinnya ada UIN terhebat yakni UINSU


“Saya baru sadar, ternyata di bawah Dirjen yang saya pimpin ada ada UIN yang terhebat yakni UIN Sumatera Utara (UINSU-red) dan dipimpin seorang rektor perempuan,” kata Ahmad Zainul


Senada dengan Ahmad Zainul, Direktur

Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Prof Dr Muhammad Ali Ramdhani, Direktur Pendidikan Tinggi Islam, mengingatkan agar UINSU tidak seperti menara gading tinggi namun tidak memberi arti dan makna.


“Jadilah seperti mercusuar yang mampu menerangi peradaban, membawa kebaikan serta kemanfaatan bagi kehidupan orang banyak,” ujar Muhammad Ali


Sementara itu, Pj Gubernur Sumatera Utara Mayjen TNI (Purn) Hasanuddin dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Basarin Yunus Tanjung mengatakan, UINSU harus mampu mengadopsi kemajuan dalam penyiapan SDM yang unggul dan berkualitas, maka salah satunya peningkatan mutu dan kualitas pendidikan tinggi dan penguatan yang berorientasi skala global dalam tata persaingan internasional.(BG/SU)


TRENDINGMore