DAERAHNEWSSUMUT

Deteksi Dini, Lapas Narkotika Siantar Mendadak Razia Blok Hunian WBP

Minggu, 17 Desember 2023, 14:49 WIB
Last Updated 2023-12-17T07:49:52Z

 

Ka KPLP Lapas Narkotika Kelas IIA Pematang Siantar, Ucok Pangihutan Sinabang, memberikan arahan kepada petugas sebelum melakukan razia blok hunian WBP.



P.SIANTAR-BERITAGAMBAR :

Lapas Narkotika Kelas IIA Pematang Siantar, KanwilKumham Sumatera Utara (Sumut), senantiasa siaga dalam mencegah gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtib) di dalam Lapas.


Ka KPLP Lapas Narkotika Siantar, Ucok Pangihutan Sinabang, Sabtu (16/12) malam, mengatakan hal ini salah satu upaya deteksi dini gangguan kamtib adalah melakukan razia/penggeledahan blok hunian warga binaan secara mendadak (insidentil).


"Untuk menjaga kondisi keamanan dan ketertiban di area Lapas senantiasa kondusif, kembali kami melakukan razia mendadak hari ini," kata Ucok Sinabang.


Sebelum melakukan razia insidentil itu, terlebih dulu dilakukan persiapan, diawali dengan apel para petugas. Persiapan apel dipimpin langsung Ka.KPLP, Ucok Sinabang dan dihadiri staff KPLP, komandan jaga, serta petugas jaga yang bertugas. "Adapun kamar yg digeledah pada malam ini adalah pada Blok Saharjo, Kamar 7," kata Ucok Sinabang.


Disampaikan, razia mendadak senantiasa dilakukan atas petunjuk dan arahan dari Dirjenpas serta amanat dari Kepala Lapas.



Pada setiap pelaksanaan razia, kata Ucok Sinabang, kepada petugas diarahkan untuk selalu bersikap humanis serta tetap patuh terhadap SOP, sehingga menciptakan situasi di blok hunian tetap kondusif dan tertib.



Razia insidentil yang dilakukan diharapkan dapat meminimalisir barang barang terlarang masuk kedalam kamar warga binaan, yang pada akhirnya akan menciptakan situasi Lapas yang bersih dari gangguan keamanan dan dan ketertiban serta terciptanya situasi lapas yang aman dan kondusif.


"Adapun barang-barang terlarang yang ditemukan saat razia, kemudian dibakar supaya tidak memicu adanya gangguan kamtib di dalam Lapas," tandasnya.(BG/REL)

TRENDINGMore