EKONOMINEWSSUMUT

Nataru, Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG Terjamin

Minggu, 17 Desember 2023, 07:41 WIB
Last Updated 2023-12-17T00:41:24Z
 Pj Gubsu Hassanudin menerima audiensi Executive General Manager PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Freddy Anwar bersama Hiswana Migas.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Pertamina memastikan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan gas atau LPG subsidi dan nonsubsidi di Provinsi Sumatera Utara menghadapi Natal 2023 dan tahun Baru 2024 (Nataru) dalam kondisi terjamin.



Hal tersebut disampaikan Executive General Manager PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Freddy Anwar, kepada Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Hassanudin, di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Jumat (15/12).


Hadir bersama Himpunan Wiraswasta Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Sumut, Freddy Anwar memperkirakan akan ada peningkatan konsumsi BBM 5% hingga 10% di momen Nataru.


Ia mencontohkan konsumsi bahan bakar Pertalite, Pertamax, Turbo, yang akan naik 5%-10%. Namun untuk bahan bakar solar, diprediksi akan turun karena pada saat itu sektor industri sudah mulai menurunkan operasional.


"Diperkirakan untuk bahan bakar solar turun 3 persen. Sementara untuk peningkatkan konsumsi LPG diperkirakan naik sekitar 3 persen. Dengan segala peningkatan tadi, kebutuhan kita dan stok kita aman. Jadi tidak ada masalah," kata Freddy Anwar.



Dikatakan Freddy Anwar, persiapan yang sudah dilakukan di antaranya lima instalasi terminal BBM yang siap menyuplai bahan bakar ke SPBU. Kelima instalasi tersebut berada di Belawan-Labuhan Deli, Pematang Siantar, Sibolga, Kisaran, dan Nias.



Selain itu, ada juga penambahan pasokan bahan bakar dari Kilang Dumai yang diangkut dengan kapal-kapal menuju Sumut. "Yang pastinya kesiapan kita yang dimulai sejak hari ini hingga 15 Januari mendatang, dalam hal pasokan sudah aman. Begitu juga dengan pasokan bahan bakar," pungkasnya.


Pj Gubsu Hassanudin mengapresiasi persiapan Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut dalam melayani konsumsi BBM dan LPG di Nataru. Ia mengharapkan Pertamina terus memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.


"Untuk itu, kita harus siap siaga dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya dengan memastikan stok BBM dan LPG untuk masyarakat harus tercukupi. Tidak terjadi kelangkaan. Karena ini untuk kepentingan masyarakat," kata Pj Gubsu Hassanudin.



Lebih lanjut Pj Gubsu Hassanudin berharap, dalam menghadapi libur Nataru nantinya tidak ada kendala yang dialami masyarakat Sumut. Untuk itu, ia berharap adanya kerjasama dari semua pihak.


"Tentu semua pihak harus sinergia, agar arus lalu lintas berjalan lancar, terjaminnya ketersediaan bahan pokok, BBM, LPG, dan juga memberikan keamanan yang dapat menciptakan kenyamanan bagi masyarakat saat libur Nataru nanti," ujar Hassanudin.


Turut hadir di antaranya Ketua Hiswana Migas Sumut Haris Rajali, Kadis Perindag dan ESDM Sumut, Mulyadi Simatupang, Kadiskop UKM Sumut Naslindo Sirait, Kepala Bappenas Sumut Achmad Fadly, dan Kabiro Perekonomian Setdaprov Sumut Poppy Marulita Hutagalung, serta jajaran manajemen Pertamina Sumbagut.(BG/MED)




TRENDINGMore