DAERAHNEWSSUMUT

Polda Sumut Olah TKP Kecelakaan Maut di Merek Raya Pakai Aplikasi TAA,

Kamis, 25 Januari 2024, 14:19 WIB
Last Updated 2024-01-25T07:19:31Z
Dirlantas Polda Sumut Kombes Muji Irianto


SIMALUNGUN-BERITAGAMBAR :

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumatera Utara melakukan olah TKP di lokasi kecelakaan beruntun yang tewaskan 6 orang di Jalan Umum Km 24-25 jurusan arah Pematangsiantar menuju Pematangraya tepatnya di Dusun Bulu Pange, Kelurahan Merek Raya, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun, Kamis (25/1/2024).


Dirlantas Polda Sumut Kombes Muji Irianto mengatakan, olah TKP yang dilakukan guna mengetahui kronologis kejadian naas itu. Saat ini pihaknya menggunakan alat canggih untuk mengetahui alur kejadian kecelakaan beruntun, yaitu aplikasi Traffic Accident Analysis (TAA). TAA nantinya akan memberikan ilustrasi kecelakaan berbasis digital.


“Kami di lokasi atau TKP kecelakaan lalu lintas menonjol yang kita ketahui sebagaimana kemarin ada satu kendaraan truk yang kita perkirakan terjadi rem blong. Dan sekarang kita lakukan olah TKP menggunakan Traffic Accident Analysis berbasis IT. Ini di dalam rangka untuk memastikan kecelakaan kejadian akan merekam pada saat sebelum, ketika terjadi, dan setelah kejadian,” kata Muji Ediyanto.


Muji menyampaikan bahwa hasil olah TKP berbasis TAA akan digunakan oleh Ditlantas Polda Sumut sebagai alat bukti untuk memperkuat penyidikan yang saat ini dilakukan.


Muji juga akan memberi masukan kepada Bupati Simalungun, bahwa titik yang menjadi lokasi kecelakaan beruntun merupakan jalan kurang bagus.


“Artinya memerlukan perbaikan. Ini jalan Provinsi. Nanti kami akan angkat ke Forum Lalu Lintas Provinsi. Masih minim rambu-rambu lalu lintas dan menurut warga sering kecelakaan di sini. Kita juga menilai perlu adanya rambu-rambu peringatan,” jelasnya. (BG/SMG)

TRENDINGMore