DAERAHNEWSSUMUT

Bupati Toba Sosialisasi Upaya Untuk Makmur dari Sektor Pariwisata

Selasa, 25 Juni 2024, 17:11 WIB
Last Updated 2024-06-25T10:11:16Z

 

Bupati Toba Poltak Sitorus 

TOBA-BERITAGAMBAR :

"Sekarang PAD kita hanya 92 miliar per tahun. Badung, itu hanya Kabupaten di Bali, PAD nya sampai Rp.7 triliun per tahun. Itu belum termasuk dana transfer dari pusat," begitu kata Poltak Sitorus mengawali sambutannya pada acara Sosialisasi Pengembangan Desa Wisata, yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata di Sere Nauli Hotel, Laguboti, Selasa (25/6/2024). 


Di hadapan para peserta yang hadir dari 40 desa, Poltak Sitorus menyampaikan harapannya agar Toba mencapai puncak keemasan pada tahun 2045. Kemakmuran itu bisa dicapai dari sektor pariwisata yang sangat berpeluang besar di Kabupaten Toba. Selain soal pariwisata alam, Toba juga menyajikan pariwisata budaya dan toleransi yang sangat tinggi. "Kita punya budaya yang sangat luar biasa, sebab kita dipersatukan oleh budaya," katanya menjelaskan. 


Untuk mewujudkan itu, dibutuhkan kerja keras dan kerjasama dengan semua lapisan masyarakat, termasuk para perantau. Kepada para peserta yang hadir, Poltak Sitorus mengajak agar masing-masing desa mencari keunggulan di desa masing-masing yang bisa dijual kepada para wisatawan. 


"Toba keseluruhan, peluang kita adalah danau. Kita punya danau super vulkanik terbesar. Jadi bapak-ibu juga bisa cari apa hal paling menarik di desa bapak-ibu. Jangan hanya tunjukin alamnya saja, tetapi cari storytellingnya," katanya menjelaskan. (BG/TB)

TRENDINGMore