DAERAHNEWSSUMUT

Sinode HKBP Distrik V Pilih 5 Calon Praeses dan 2 Majelis Pekerja

Senin, 15 Juli 2024, 18:42 WIB
Last Updated 2024-07-15T11:42:04Z
Perhitungan suara calon Praeses di Sinode Distrik V Sumatera Timur.


PEMATANGSIANTAR-BERITAGAMBAR :



Sinode Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Distrik V Sumatera Timur tuntas memilih 5 orang calon Praeses dan 2 orang Majelis Pekerja Sinode (MPS) bertempat di Sopo Godang Jalan Gereja Pematangsiantar, Senin (15/7/2024).


Kelima calon Praeses dengan perolehan suara masing-masing adalah Pdt Hotler Lumbantoruan (157), Pdt Mangantar Tambunan (150), Pdt Riedel Sihotang (135), Pdt Maurixon Silitonga (105) dan Pdt Masdar Manalu (103). Mereka merupakan 5 peringkat tertinggi dari 13 orang kandidat.


Sedangkan untuk MPS, terpilih mewakili unsur pendeta yakni Pdt Ramses Nadapdap (Pendeta Resort HKBP Siantar Timur 126 suara) dan St Wilten Rumapea (Majelis Jemaat HKBP Panei Tongah 167 suara). Kandidat MPS ada 3 orang dari unsur pendeta dan 4 orang dari unsur majelis jemaat.


Khusus kelima calon Praeses yang terpilih di sinode distrik ini, nantinya mereka akan kembali bertarung pada Sinode Godang HKBP yang direncanakan berlangsung Desember 2024 mendatang. Mereka dipilih bersamaan dengan pemilihan Ephorus, Sekretaris Jenderal, serta tiga Kepala Departemen (Marturia, Koinonia, Diakonia).


Bersama dengan calon dari distrik lain yang juga menggelar sinode pada bulan Juli 2024 ini, mereka akan bersaing mengisi jabatan Praeses pada 33 distrik HKBP di seluruh Indonesia untuk periode 2024-2028. Masing-masing distrik sebelumnya telah ditentukan kuotanya untuk calon Praeses yang akan dipilih oleh peserta Sinode Godang nantinya.


Kegiatan yang dibuka Praeses Distrik V Pdt Maurixon Silitonga itu dihadiri sebanyak 228 peserta mewakili 52 resort serta perwakilan lembaga-lembaga pelayanan HKBP yang berada di wilayah Pematangsiantar, Simalungun dan Batubara.


“Berdasarkan laporan panitia, kehadiran peserta sudah memenuhi quorum, sehingga sesuai aturan peraturan HKBP, sinode ini sah dibuka dan mengambil keputusan,” ujar Pdt Maurixon saat membuka sinode.


Sebelumnya, saat menyampaikan khotbah ibadah pembukaan, Pdt Sukanto Limbong (Ketua Sekolah Tinggi Teologia HKBP) mengajak peserta untuk senantiasa bisa membaharui diri melalui transformasi pemikiran dalam setiap aktivitas keseharian.


“Apalagi pembaharuan tidak bisa hanya datang dari pikiran atau logika kita semata, tetapi harus melalui pengendalian roh kudus. Oleh karena itu, komitmen untuk membangun gereja harus dilakukan seumur hidup, bukan sekadar periodeisasi secara struktural,” katanya.


Selain memilih 5 orang calon Praeses dan MPS dari unsur pendeta dan non pendeta (majelis jemaat), sinode distrik ini juga memilih Majelis Pekerja Sinode Distrik (MPSD) serta Badan Audit Distrik. Saat berita ini dikirim ke redaksi, masih berlangsung pemilihan untuk MPSD dan Badan Audit. (BG/PS)



TRENDINGMore