NEWSSUMUTUMUM

Tolak Penertiban Pool Bus di Jalan Jamin Ginting, Sopir Bus Berdemo

Sabtu, 27 Juli 2024, 20:12 WIB
Last Updated 2024-07-27T13:14:01Z
 Tolak Penertiban Pool Bus di Jalan Jamin Ginting, Sopir Bus Berdemo.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Ratusan sopir bus di kawasan Fly Over Jamin Ginting, Kota Medan menggelar aksi unjuk rasa di badan jalan Sabtu (27/7/2024) pagi hingga siang, hingga mengalami kemacetan.


Hendro Tarigan, warga setempat sebut, aksi tersebut dilakukan lantaran menolak penertiban pool-pool bus di kawasan Jalan Jamin Ginting, sebagaimana aturan terbaru yang keluar oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) baru-baru ini.


“Iya sejak pagi aksi di sini. Bakar ban juga sempat, tapi karena ramai polisi, mereka (sopir-red) membubarkan diri untuk sementara,” ujar Hendro.


Dikatakan Hedro, para sopir bus tersebut dari berbagai merek menolak adanya perubahan itu.


Pernyataan serupa dikatakan oleh Boru Tarigan. Kata dia, aksi tersebut kemungkinan akan terus berlanjut jika aturan tersebut masih diterapkan.


“Ramai mereka tadi, ada yang dari Bus Murni, Makaro dan banyak lagi. Mereka menolak penertiban Pool Bus di kawasan ini,”jelasnya.


Para sopir itu mengaku resah dengan wacana Pemko Medan yang akan menggusur pangkalan mereka di seputaran Simpang Pos.


“Jadi para sopir menyuarakan aspirasi. Mereka nggak senanglah, karena mau digusur, nggak boleh mangkal di sini,” ucap Anwar kepada mistar.id di lokasi.


Menurutnya, selain itu Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan juga dikatakan belum menyediakan tempat baru untuk pangkalan bus.


“Belum ada tempat yang disediakan Dishub untuk terminal bus parkir. Disuruh ke Pinang Baris, padahal Pinang Baris bukan bagian selatan. Bagian selatan terminalnya belum siap,” lanjut pria yang mengaku anaknya salah seorang sopir Bus Murni.


Para sopir pun sempat melakukan penutupan jalan di persimpangan Simpang Pos. Petugas gabungan yang tiba di lokasi mengurai kemacetan yang timbul akibat insiden itu.


“Damai kok, nggak ada yang anarkis. Nggak ada juga yang jadi korban, nggak ada yang luka,” tutup Anwar.


Terpisah, Kasat Lantas Polrestabes Medan, Kompol Andika menyebutkan, kawasan Jalan Jamin Ginting sempat mengalami gangguan arus lalu lintas (lalin). Namun saat ini sudah berjalan aman dan kondusif.


“Saat ini situasi arus lalin sudah berjalan aman. Dari arah Universitas Sumatera Utara (USU), Berastagi, dan Medan sudah berjalan aman,” tutur Andika.


Namun, Andika enggan menjelaskan apa penyebab terjadinya kemacetan di kawasan tersebut.(BG/MED)

TRENDINGMore